HNW: Semangat Halalbihalal Bisa Hadirkan Solusi untuk Bangsa

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 25 Jun 2017 09:19 WIB

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid Foto: ROL/Abdul Kodir Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW), berpesan untuk menjadikan momentum Hari Raya Idul Fitri untuk kembali ke Fitrah. Ia menjelaskan fitrah dalam artian sebagai umat islam Indonesia dapat menghadirkan solusi dan kemenangan untuk bangsa.

"Semangat halalbihalal dapat menghadirkan solusi dan kemenangan dan membawa keberkahan," ujar dia setelah mengisi ceramah di masjid Nurul Hidayah Bintaro, Jakarta Selatan, Ahad (25/6).

HNW juga mengatakan, Idul Fitri juga harus dijadikan momentum untuk melanjutkan bekal-bekal positif takwa yang sudah dihimpun dalam bulan Ramadhan. Jangan sampai, kata dia, selepas bulan Ramadhan malah mengendurkan semangat riang, suka cita, dan syukur kita untuk beribadah.

"Kita jadikan sebagai potensi untuk mendorong agar kehidupan kita selama sebelas bulan beriktunya betul-betul disemangati untuk kembali pada fitrah," katanya.

Politisi PKS ini juga menjelaskan makna halalbihalal. Dalam Idul Fitri, halalbihahal merupakan semangat kehidupan diinteraksikan dengan yang halal dan menghadirkan solusi yang halal. Semangat halalbihalal merupakan semangat kemerdekaan Indonesia.

"Indonesia kita yang diproklamasikan pada 9 Ramadhan 1364 itu betul-betul menjadi negeri yang baldatun toyyibatun wa robbun goffur," jelasnya.

HNW berharap, agar momentum Idul Fitri bisa jadi semangat untuk mengatasi masalah-masalah dan persoalan bangsa.

"Mudah-mudahan kehidupan kita penuh dengan syukur, penuh dengan keriangan, kegembiraan mengatasi masalah-masalah yang ada, dan terjauhkan dari kondisi terpecah belah dan adu domba dan menghasilkan sesuatu yang tidak halal dan tidak membawa kepada keberkahan," ujar dia.

Terpopuler