Aher: Perbedaan adalah Fitrah dari Allah SWT

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 25 Jun 2017 07:37 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) Foto: ROL Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ribuan Muslim melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di lapangan Gasibu, Kota Bandung, Ahad (25/6) dengan KH Cecep Abdul Sahid sebagai imam shalat dan khatib Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Turut hadir dalam shalat Idul Fitri tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Wakil Walikota Bandung, Oded. Rangkaian ibadah shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di lapangan Gasibu telah dimulai sejak pukul 06.50 WIB.

Dalam khutbahnya, Aher mengatakan dalam hidup di dunia, manusia niscaya akan berada dalam keberagaman dan perbedaan. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, Muslim harus bisa bergaul dan menghargai keberagaman.

"Keberagaman yang kita kenal sebagai kebhinekaan merupakan fitrah dari Allah SWT. Umat muslim tidak akan pernah merendahkan orang lain. Ini yang harus dimiliki umat muslim dengan kesadaran yang baik," ungkapnya.

Selain itu, Aher menuturkan, umat Islam di Indonesia selalu menjaga kebhinekaan. Islam memandang perbedaan sebagai fitrah kehidupan, bukan hanya fakta kehidupan saja.

Berbicara dalam konteks bernegara, Aher mengatakan pemahaman terhadap Pancasila sebagai dasar negara perlu diperkuat.

"Bagi umat Islam, Pancasila adalah sistem yang kuat. Muslim yang baik akan mendorong untuk bekerja sama dengan hal yang disepakati dan bertoleransi terhadap yang berbeda. Bekerja sama lebih baik daripada berselisih," ungkapnya.

Terpopuler