Warga Padati Masjid Istiqlal

Rep: Rizkyan Adhiyuda/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 25 Jun 2017 06:51 WIB

Sholat Id di Masjid Istiqlal. (Ilustrasi) Foto: Darmawan/Republika Sholat Id di Masjid Istiqlal. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan Umat Islam mulai memadati Masjid Istiqlal Jakarta untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijriyah. Jamaah memadati ruang utama masjid mulai lantai satu hingga lima.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Ahad (25/6), pengamanan dan pemeriksaan ketat dilakukan petugas kepolisian dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tindakan ini diterapkan mengingat Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melaksanakan shalat Idul Fitri di Istiqlal.

Presiden Jokowi tiba di istiqlal sekitar pukul 06.30 WIB. Jokowi datang dengan waktu yang bersamaan dengan Kalla. Presiden masuk lewat pintu khusus yaitu pintu Al Malik. Tamu VVIP lainnya, seperti mantan presiden sebelumnya juga mengakses masjid lewat pintu yang sama.

Ketatnya pengamanan tidak menyurutkan niatan warga untuk melaksanakan shalat Ihul Fitri di masijid Istiqlal. Marni, contohnya, mengaku sudah berada di masjid sejak subuh. Dia sengaja datang sepagi itu agar tidak terlambat.

"Takut susah cari parkir karena pasti ramai yang shalat di sini," kata Marni.

Imam Rawatib Masjib Istiqlal, Husni Ismail, akan menjadi imam salat Id. Sementara itu, khatibnya adalah Quraish Shihab. Keduanya dipilih oleh Kementerian Agama. Rencananya, Quraish Shihab akan menyampaikan khutbah dengan tema "Semangat Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan".

Shalat Id rencananya akan dimulai pukul 07.00 WIB. Seraya menunggu waktu shalat, ribuan umat Islam serentak bertakbir.