Idul Fitri dan Pembersihan Jiwa

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham Tirta

Sabtu 24 Jun 2017 17:43 WIB

Idul Fitri (ilusreasi) Foto: Gulfnews Idul Fitri (ilusreasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktualisasi Idul Fitri juga terkait dengan pembersihan jiwa. Salah satu cara memupuknya adalah dengan melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan agama.

Zakat tidak saja membersihkan harta tapi juga memupuk rasa persaudaraan. Jika dikelola dengan sistematis maka lama kelamaan, sistem ini bisa meminimalisasi kemiskinan.

Agenda zakat secara tidak langsung juga dapat meredam kemerosotan moral manusia. Saat ini, aspek kemanusiaan tampak mulai pudar dari kemasyarakatan. Orang-orang sulit berempati pada nasib orang lain.

Dikutip dari buku 'Kesempurnaan Ibadah Ramadhan', Idul Fitri bisa jadi momen untuk mengembalikan rasa kemanusiaan. Idul Fitri jadi harapan untuk pengembangan semangat kemanusiaan ini.

"Idul Fitri pada dasarnya merupakan upaya untuk dapat menyeimbangkan nilai kepentingan duniawi dan kepentingan akhirat yang kemudian difokuskan dalam berbagai amalan ibadah secara hakiki atas ridho-Nya," kata Abdul Manan bin Hajji Muhammad Sobari dalam buku tersebut.

Setelah sebulan menjalani ibadah Ramadhan, Idul Fitri jadi suatu momen perayaan. Meski Idul Fitri pun jadi momen instrospeksi apakah ibadah kita diterima atau tidak. Termasuk apakah Ramadhan telah mengubah kita jadi manusia yang lebih baik.

Terpopuler