Serunya Malam Takbir di Yogyakarta

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani

Sabtu 24 Jun 2017 15:15 WIB

Ilustrasi Malam Takbiran Foto: Foto : MgRol_93 Ilustrasi Malam Takbiran

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Lebaran segera tiba. Deru takbir kemenangan akan berkumandang di seantero dunia, termasuk di Yogyakarta. Seperti pada lebaran tahun-tahun sebelumnya, Yogya memang memiliki caranya sendiri untuk mengemas kegiatan takbiran yang dipadukan dengan seni pertunjukan.

Kegiatan tahunan yang tak pernah gagal menyita perhatian masyarakat itu digelar dalam Gema Takbir Jogja (GTJ) 2017. Kagiatan yang digelar oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Gondomanan itu akan mulai meriuhkan suasana di pusat kota Yogya pada Sabtu (24/6) malam.

Ketua Panitia GTJ 2017, Noor Akbar Utama mengatakan, GTJ 2017 juga akan dilakukan dengan pawai melewati beberapa jalan protokol di Yogya. "Kegiatan ini merupakan ajang syiar sekaligus ajang untuk menyajikan hiburan positif bernuansa religi," ujar Akbar, Sabtu (24/6).

Dengan adanya kegiatan ini, maka masyarakat atau wisatawan dapat menikmati nuansa malam takbiran yang lebih meriah dan atraktif. Dalam GTJ 2017 kali ini, akan dimeriahkan oleh 15 kelompok peserta yang terdiri dari AMM, kelompok pengajian, dan kumpulan remaja masjid di Yogya. Total partisipanya pun mencapai 10 ribu peserta.

Menurtnya, setiap kelompok peserta diberi kesempatan untuk melakukan pertunjukan dalam titik start di Halaman Masjid Gedhe Kauman dan di alun-alun utara. Rencananya, GTJ 2017 bertema Persaudaraan Umat Islam Meraih Kemenangan itu akan dibuka oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

Terpopuler