H-2 Lebaran Puluhan Ribu Pemudik Motor Telah Lewati Cirebon

Rep: Lilis Handayani/ Red: Gita Amanda

Jumat 23 Jun 2017 20:42 WIB

Pemudik Sepeda Motor. Pemudik dengan sepeda motor melalui jalanan kawasan Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Foto: Republika/ Wihdan Pemudik Sepeda Motor. Pemudik dengan sepeda motor melalui jalanan kawasan Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Memasuki H-2 lebaran Idul Fitri, Jumat (23/6) sore hingga petang, jalur pantura Cirebon dipadati pemudik, terutama sepeda motor. Arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng) pun terlihat padat di berbagai titik lokasi.

Berdasarkan data di Posko Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon di Losari, yang merupakan perbatasan Cirebon (Jawa Barat) – Jateng, jumlah total kendaraan dari arah Jakarta menuju Jateng yang melintas di lokasi itu pukul 15.00 – 18.00 WIB mencapai 27.675 unit. Dari jumlah tersebut, kendaraan sepeda motor mencapai 26.183 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 1.492 unit.

Tingginya jumlah kendaraan terutama sepeda motor juga terjadi sejak siang hari. Berdasarkan data pukul 12.00 – 14.00 WIB, jumlah total kendaraan dari arah Jakarta menuju Jateng yang melewati Losari mencapai 24.448 unit. Dari jumlah tersebut, kendaraan sepeda motor ada 23.262 unit dan kendaraan roda empat ada 1.186 unit.

Kepadatan kendaraan pemudik itu di antaranya terjadi di depan Pasar Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Di titik tersebut, sekitar pukul 14.00 WIB, kendaraan padat merayap meski tidak ada pedagang yang menggunakan bahu jalan.

Kepadatan serupa juga terjadi di Pasar Minggu Palimanan, depan media center Polres Cirebon di daerah Plered maupun di Pasar Gebang. Kendaraan hanya bisa merayap meski tetap lancar.

''Di Jalur Pantura Cirebon hari ini, ada kenaikan jumlah kendaraan sepeda motor yang melintas,'' kata Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra.

Terpopuler