604 Peserta Mudik Gratis KAI Diberangkatkan

Rep: Binti Sholikah/ Red: Teguh Firmansyah

Jumat 23 Jun 2017 17:20 WIB

Pemudik kereta (ilustrasi). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar Pemudik kereta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 604 peserta mudik gratis kereta api diberangkatkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dari Stasiun Gubeng Surabaya, Jumat (23/6). Para pemudik menaiki kereta api rel diesel (KRD) tujuan Surabaya-Kertosono yang telah disiapkan Pemprov Jatim.

Gubernur Soekarwo mengatakan, mudik gratis yang digelar Pemprov Jatim ini sudah kesembilan kalinya sejak 2009. Tujuan mudik gratis kereta api antara lain, Banyuwangi, Malang, Blitar dan Madiun.

Jumlah kursi mudik balik gratis yang disediakan Pemprov Jatim untuk moda kereta api sebanyak 126.303 orang. Total kereta api yang disediakan sebanyak 14 rangkaian kereta api, yang melayani 7 jurusan dengan total 138 perjalanan.

"Kapasitas penumpang yang disediakan tahun ini naik 12 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 113.080 penumpang dengan 7 jurusan dan 131 perjalanan," jelasnya.

Ke depan, ia berharap agar kapasitas mudik gratis yang disediakan bisa lebih ditingkatkan. Menurutnya, mudik balik gratis ini menjadi wujud terima kasih pemerintah terhadap masyarakat yang dianggap telah ikut membantu menciptakan suasana aman dan nyaman di Jatim.

"Program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jatim merupakan bentuk terimakasih kepada masyarakat Jatim yang telah berkontribusi besar tak hanya bagi Jatim tapi juga Indonesia," ucapnya. 

Sementara itu, Manajer Humas Daop 8, Gatut Sutiyatmoko mengatakan, PT KAI Daop 8 telah menyiapkan angkutan mudik gratis sebanyak 138 perjalanan. Kereta api yang disiapkan yakni, kereta api Dhoho tujuan Surabaya-Blitar via Kertosono sebanyak 4 rangkaian, Kereta Api Penataran tujuan Surabaya-Blitar via Malang sebanyak 4 rangkaian, Kereta Api Tumapel tujuan Surabaya-Malang sebanyak 1 rangkaian.

Selanjutnya, Kereta Api KRD tujuan Surabaya-Kertosono sebanyak 2 rangkaian, Kereta Api KRD tujuan Sidoarjo-Bojonegoro sebanyak 1 rangkaian. Selain itu juga disediakan Kereta Api Probowangi tujuan Surabaya-Banyuwangi sebanyak 1 rangkaian dan Kereta Api Tawangalun tujuan Malang-Banyuwangi sebanyak 1 rangkaian. "Mudik gratis dengan kereta api sudah memberangkatkan penumpang mulai 19 Juni kemarin. Totalnya ada 138 perjalanan mudik gratis," kata Gatut.

Terpopuler