Stasiun Gambir Berangkatkan 16.092 Penumpang Hari ini

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Teguh Firmansyah

Jumat 23 Jun 2017 14:16 WIB

Pemudik di Stasiun Gambir (Ilustrasi). Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Pemudik di Stasiun Gambir (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto menjelaskan, lonjokan arus mudik terlihat di stasiun besar Gambir, Jakarta Pusat. Lonjakan penumpang di Stasiun Gambir terus merangkak naik hingga mencapai angka 16 ribu. Hari ini, Jumat (23/6) tercatat sekitar 16.092 penumpang yang diberangkatkan ke berbagai tujuan. Jumlah ini, kata Suprapto sedikit menurun dibandingkan Kamis (22/6) kemarin dengan jumlah penumpang sebanyak 16.356 orang.

Dia mengatakan, penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir telah mengalami lonjakan dengan kisaran 15 ribu hingga 16 ribu penumpang per harinya. Stasiun Gambir, kata Suprapto, telah mengerahkan 41 perjalanan setiap harinya. Dengan 28 KA reguler, sembilan KA tambahan untuk gelombang pertama, dan empat KA tambahan untuk gelombang tiga.

Berdasarkan laporan Volume Posko Angkutan Lebaran 2017, Volume pemberangkatan penumpang di Stasiun Gambir tahun ini, mengalami kenaikan sebanyak 23.088 orang dibanding tahun lalu.

"Tahun 2017 volume kumulatif stasiun gambir sebanyak 123.731 penumpang, sedangkan pada 2016 hanya sekitar 100.643 penumpang," jelas Suprapto saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (23/6).

Menurut Kepala Stasiun Gambir, Rizki Afrida, jumlah penumpang di Stasiun Gambir pada saat mudik lebaran kali ini dua kali lipat lebih banyak daripada hari-hari biasanya. 

"Untuk saat ini kondisi di Stasiun Gambir cukup ramai karena sudah H-2 jadi penumpang pasti naik dua kali lipat dari hari-hari biasanya," ujar Rizki saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (23/6).

Selama menghadapi mudik lebaran 2017, Stasiun Gambir mendapatkan bantuan keamanan dari pihak TNI dan Polri. Sebanyak 100 personel akan dikerahkan untuk menjaga Stasiun Gambir. "Pengamanan selain dari stasiun juga ada pengamanan dari personel TNI dan Polri yang jumlahnya 100 personel gabungan," ujar Rizki.

Selain itu, pihak Stasiun Gambir juga telah menambah beberapa fasilitas layanan penumpang, di antaranya penambahan fasilitas ruang tunggu dan musala. Posko kesehatan dari BUMN juga tersedia di stasiun ini.  "Kita ada penambahan fasilitas, seperti fasilitas ruang tunggu, dan musala, serta ada bantuan posko medis dari BUMN," kata dia.

Terpopuler