Brexit Masih Sepi di Puncak Arus Mudik

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 23 Jun 2017 10:57 WIB

 Kendaraan melintas di pertigaan exit tol Brebes Timur, Jateng, Senin (12/6). Foto: Republika/Prayogi Kendaraan melintas di pertigaan exit tol Brebes Timur, Jateng, Senin (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Gerbang Tol (GT) Brebes Timur masih terlihat sepi pagi ini, Jumat (23/6). Perkiraan puncak arus mudik yang diprediksi hari ini masih belum terlihat hingga pukul 10.30 WIB.

Antrean kendaraan tak terlihat di GT Brebes Timur. Arus lalu lintas juga masih terlihat lengang. Petugas-petugas terlihat belum terlalu sibuk mengatur lalu lintas seperti beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, puncak arus mudik di wilayah Jawa Tengah diprediksi dimulai pada waktu Subuh, Jumat (23/6). Petugas kepolisian Polda Metro Jaya sudah sampai di Brebes, Jawa Tengah, untuk membantu mengamankan jalur mudik.

"Sesuai prediksi kita memang dimulai pada malam ini. Sambung besok pagi lalu besok siang. Puncak itu kan tergantung di mana karena kan bergerak ya dari Jakarta menuju Jawa Tengah," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa di Pintu Tol Brebes Timur atau Brexit, Kamis (22/6) malam.

Para pemudik dari Jakarta juga diprediksi berangkat usai melaksanakan sholat tarawih. Dengan begitu, pemudik-pemudik itu akan sampai di wilayah Jawa Tengah pada tengah malam ini.

Royke menjelaskan, peningkatan jumlah kendaraan yang melewati Tol Cikarang Utama mengalami peningkatan sejak Sabtu (17/6) lalu. Hingga Rabu (21/6), jumlah kendaraan meningkat hingga 105 persen dari jumlah biasanya.