Dalam 1 Jam, 13 Ribu Motor Pemudik Lewati Jalur Indramayu

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 23 Jun 2017 09:49 WIB

 Pemudik yang menggunakan sepeda motor melintasi Jalan Pantura di Lohbener, Indramayu, Jabar, Rabu (21/6). Foto: Republika/ Yasin Habibi Pemudik yang menggunakan sepeda motor melintasi Jalan Pantura di Lohbener, Indramayu, Jabar, Rabu (21/6).

REPUBLIKA.CO.ID,  INDRAMAYU – Memasuki H-2 lebaran, Jumat (23/6), arus mudik di jalur pantura Indramayu padat merayap. Kendaraan yang didominasi sepeda motor terus mengalir dari arah Jakarta menuju Jateng.

Berdasarkan data dari pos penghitungan Dishub Kominfo Kabupaten Indramayu, Jumat (23/6) dari pukul 07.00 hingga 08.00 WIB, jumlah pemudik sepeda motor mencapai sekitar 13 ribu unit. Selain pemudik sepeda motor, kendaraan mobil pribadi dan bus juga turut meramaikan jalur tersebut.

Membludaknya jumlah kendaraan tersebut membuat laju kecepatan kendaraan hanya sekitar 30 - 40 kilometer per jam. Meski belum adanya penumpukan atau kemacetan di jalur pantura Indramayu, namun volume kendaraan pemudik  diperkirakan akan terus meningkat hingga sore dan malam hari.

Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin didampingi Kasat Lantas Polres Indramayu, AKP Asep Nugraha, mengatakan, jalur pantura Indramayu merupakan titik lelah bagi para pemudik yang berasal dari Jakarta. Karena itu, para pemudik diimbau untuk segera beristirahat jika merasa lelah.

''Kami sediakan rest area di Jembatan Timbang Losarang dan seluruh mapolsek serta SPBU di jalur pantura. Silakan beristirahat di sana,'' kata Asep.

Terpopuler