Puncak Arus Mudik Dimulai Kamis Malam

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 23 Jun 2017 00:40 WIB

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa menyapa para pemudik saat melakukan pengecekan jalur tol darurat Brebes-Gringsing, Kamis (22/6). Foto: Korlantas Polri Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa menyapa para pemudik saat melakukan pengecekan jalur tol darurat Brebes-Gringsing, Kamis (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Puncak arus mudik dimulai Kamis malam (22/6). Petugas kepolisian Polda Metro Jaya sudah sampai di Brebes, Jawa Tengah untuk membantu mengamankan jalur mudik.

"Sesuai prediksi kita memang dimulai pada malam ini (Kamis). Sambung besok pagi lalu besok siang. Puncak itu kan tergantung di mana karena kan bergerak ya dari Jakarta menuju Jawa Tengah," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa di Pintu Tol Brebes Timur atau Brexit, Kamis malam (22/6).

Para pemudik dari Jakarta juga diprediksi berangkat usai melaksanakan sholat tarawih. Dengan begitu, pemudik-pemudik itu akan sampai di wilayah Jawa Tengah pada tengah malam ini.

"Dan di rest area yang ada di Cikampek, mulai dari 87, 102, dan seterusnya pasti akan terjadi kepadatan karena mereka mau sahur," jelas Royke

Untuk mengamankan jalur mudik menuju arah Timur, terdapat beberapa personel tambahan dari Polda Metro Jaya. Mereka akan ditempatkan di titik-titik tertentu untuk membersihkan hambatan di samping bahu-bahu jalan arteri Brebes dan Tegal Kota.

"Mereka mengendarai motor dari Jakarta dan ini baru sampai. Orang Polda Metro Jaya pun siap membeikan sunbangan untuk mengatasi kemacetan kepadatan yang terjadi di Pantura. Mereka langsung bekerja karena puncak untuk Jawa Tengah itu tengah malam," kata dia.

Pantauan Republika.co.id, para petugas dari Polda Metro Jaya itu memang menggunakan kendaraan sepeda motor patroli menuju Brebes. Mereka memarkirkan kendaraan-kendaraannya sekaligus menginap di sebuah hotel di Brebes. Mereka tiba di hotel tersebut sekitar pukul 20.30 WIB.

Terpopuler