Jalur Mudik Jakarta-Palimanan Masih Normal

Rep: MUHYIDDIN / Red: Indira Rezkisari

Kamis 22 Jun 2017 22:25 WIB

Sejumlah kendaraan pemudik memadati gerbang tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/6). Foto: Republika/Prayogi Sejumlah kendaraan pemudik memadati gerbang tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan mudik dari Jakarta menuju Rest Area Cipali kilometer 102-103 hanya membutuhkan waktu selama empat jam. Hal ini tidak jauh berbeda dengan perjalanan saat akhir pekan.

"Normal seperti biasa ini, kayak weekend ini," ujar sopir bus pariwisata Big Bird, Ali Abdullah, saat berbincang dengan Republika.co.id di Rest Area Cipali kilometer 102-103, Kamis (22/6) malam.

Ali mengaku berangkat dari Jakarta sejak pukul 18.00 WIB tadi saat umat Islam berbuka puasa. Dalam perjalanan, kata dia, tidak ada kemacetan yang berarti, sehingga 17 penumpang yang dibawanya bisa sampai di Palimanan sesuai dengan jadwal.

"Tiba tadi di sini sekitar jam sembilan malam," ucapnya.

Ali mampir ke Rest Area Palimanan agar penumpangnya bisa makan dan melaksanakan shalat jamak Isha dan Maghrib. Ia memperkirakan justru yang jalanan di sepanjang tol akan macet pada Jumat (23/6) malam besok.

"Ramai lancar, paling besok macetnya untuk Jakarta-Palimanan," katanya.

Berdasarkan pantauan, di Rest Area Kilometer 102-103 memang masih belum terlalu banyak masyarakat. Mobil-mobil pribadi juga tak begitu padat saat mengantri memasuki Rest Area. Begitu juga dengan mobil yang antri di pom bensin.

Sementara, PT Jasa Marga mencatat volume kendaraan, yang melintasi jalan tol Jakarta-Cikampek pada H-3 Lebaran atau Kamis (22/6) hari ini telah mencapai 58.286 unit.

"Terjadi peningkatan sekitar 24 persen dari periode yang sama tahun lalu," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Handoyo di Bekasi, Kamis (22/6).

Terpopuler