Tol Cipularang dan Purbaleunyi Relatif Lancar

Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 22 Jun 2017 16:21 WIB

Tol Cipularang Foto: Republika/Tahta Aidilla Tol Cipularang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jalan tol Cipularang dan Purbaleunyi, yang menghubungkan Cikampek dan Cileunyi, Jabar, relatif lancar pada Kamis (22/6) atau H-3 Lebaran 2017.

Berdasarkan pantauan, Kamis (22/6) sore, kepadatan di jalan tol Purbaleunyi mulai terjadi di kilometer 154 atau mendekati gerbang tol Cileunyi yang menuju ke arah Nagreg.

Kepadatan tersebut didominasi oleh mobil pribadi dan bus, terutama yang menuju Garut, Tasikmalaya, maupun kota-kota di Jawa Tengah bagian selatan.

Sementara itu, kepadatan lalu lintas juga terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada Kamis pagi. Kepadatan juga terjadi di sekitar jalan masuk menuju tempat istirahat (rest area) yang berada di beberapa titik.

Sejumlah fasilitas parking bay yang terdapat di kilometer 18, 41, dan 58 tol Jakarta-Cikampek tidak terlalu banyak dimanfaatkan oleh pengguna jalan.

Salah seorang pengguna jalan, Arif, ketika ditemui di rest area kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek mengatakan waktu yang ia tempuh dari Jakarta ke Cikampek mencapai hampir tiga jam. "Tadi ada beberapa titik kemacetan, jalan sudah mulai ramai. Kira-kira saya tadi tiga jam perjalanan dari Jakarta sampai sini," kata Arif, yang berencana untuk mudik ke Jawa Tengah tersebut.

Untuk diketahui, sejumlah tempat istirahat di jalan tol Jakarta-Cikampek menyediakan fasilitas khusus untuk melayani para pemudik, di antaranya posko kesehatan dan gerai penjualan uang elektronik. Pengelola tol Jakarta-Cikampek memprediksi puncak volume kendaraan mudik Lebaran 2017 akan terjadi pada Jumat (23/6) atau H-2.

Terpopuler