Lalin Jalan Tol Fungsional Batang-Gringsing Lancar

Rep: Kabul Astuti/ Red: Hazliansyah .

Kamis 22 Jun 2017 14:01 WIB

Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah, Senin (19/6). Memasuki H-6 Idulfitri, sejumlah pemudik mulai dapat melintasi jalur tol fungsional Brebes-Batang yang baru diopersionalkan hari ini. Foto: Akbar Nugrroho Gumay/Antara Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah, Senin (19/6). Memasuki H-6 Idulfitri, sejumlah pemudik mulai dapat melintasi jalur tol fungsional Brebes-Batang yang baru diopersionalkan hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki H-3 Lebaran 2017, lalu lintas di jalan tol fungsional dari Batang menuju ke Gringsing masih relatif lancar. Public Relations PT Jasamarga Semarang-Batang, Iwan Abrianto mengungkapkan, belum terjadi lonjakan arus lalu lintas.

Pada Rabu (21/6) jalan fungsional ditutup pada pukul 20.00 WIB malam dan dibuka pada Kamis (22/6) pagi pukul 06.00 WIB. Lalu lintas yang tercatat sebanyak 851 kendaraan atau 213 kendaraan per 15 menit pada pukul 09.00-10.00.

"Lalu lintas ini masih normal mengingat prediksi lalu lintas yang memasuki jalan darurat sebanyak 1.600 kendaraan per jamnya atau 400 kendaraan per 15 menitnya," kata Iwan Abrianto, dalam keterangan tertulis, Kamis (22/6).

Iwan menambahkan, Tim Satgas PT JSB juga melakukan pembersihan debu di beberapa lokasi rawan debu, antara lain di KM 407-409. Tim Satgas PT JSB telah menyiapkan tujuh mobil tangki air untuk melakukan penyiraman air secara maksimal dan berkala sehingga dapat meminimalisir debu.

Iwan mengingatkan, jalan darurat Batang-Semarang merupakan jalan yang bersifat darurat dan sementara, serta dibuka untuk membantu mengurangi kepadatan lalu lintas di Pantura selama arus mudik Lebaran. Kondisi jalan ini masih dalam tahap pengerjaan proyek sehingga sangat berbeda dengan jalan tol operasional.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu menjaga kecepatan laju mobilnya maksimal di angka 40 km per jam," jelas Iwan.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati dan terus mengantisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080 atau akun-akun media sosial Jasa Marga.

Terpopuler