Polres Karawang Berlakukan Buka Tutup Rest Area Km 57

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Nidia Zuraya

Kamis 22 Jun 2017 10:23 WIB

Masjid Rest Area km 57, Masjid At Taubah Foto: Musiron/Republika Masjid Rest Area km 57, Masjid At Taubah

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Volume kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mengalami kenaikan sejak Rabu (21/6) malam. Berdasarkan pantauan Polres Karawang, kenaikan kendaraan ini mencapai 60 persen. Bahkan, hingga Kamis (22/6) pagi ini arus lalu lintas tak pernah putus. Akibatnya, rest area KM 57, Kecamatan Klari, Karawang, diberlakukan buka tutup.

Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Rendy Setia Permana, mengatakan, kendaraan dari Jakarta mengarah ke Cikopo, Cipali ataupun Cipularang terus mengalir. Karenanya, rest area di KM 57 Karawang ini, diberlakukan buka tutup. Sebab, kalau tak begitu, maka tempat peristirahatan akan menjadi salah satu penyumbang kemacetan di jalur bebas hambatan ini.

"Buka tutup //rest area// ini situasional," ujar Rendy, kepada Republika.

Menurutnya, lonjakan kendaraan ini akan terus terjadi sampai Jumat (23/6) esok hari. Mengingat, besok itu sudah diberlakukan cuti bersama. Dengan begitu, pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan.

Sementara itu, Kepala GT Cikopo PT Jasa Marga, Andri Yusuf, mengatakan, sampai saat ini belum ada pengalihan arus yang keluar ke GT Cikopo. Karenanya, gardu yang keluar belum ada penambahan. Masih diberlakukan lima titik.

"Kalau kenaikan kendaraan sudah ada. Tapi, belum terlalu besar kenaikannya," ujarnya.

Terpopuler