Puan: Jangan Terlalu Cepat ke Stasiun

Red: Ratna Puspita

Rabu 21 Jun 2017 20:37 WIB

Puan Maharani saat meninjau pemudik yang menggunakan jasa kereta api. Foto: istimewa Puan Maharani saat meninjau pemudik yang menggunakan jasa kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan kereta api tidak perlu datang terlalu cepat ke stasiun, sebaiknya datang 3-4 jam sebelum keberangkatan.

Puan menyampaikan hal itu saat melepas 480 pemudik gratis dari PDIP di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta, Rabu (21/6). "Jadi tidak perlu kalau keretanya berangkat sore atau malam, dari subuh atau pagi sudah datang sehingga kelihatan tidak teratur dan berdesak-desakan di stasiun," ujar Puan.

Di Stasiun Senen, Puan yang didampingi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto juga sempat menyapa para penumpang dan juga memantau posko kesehatan. Ia menyebutkan setiap tahun jumlah penumpang yang berangkat menggunakan kereta api terus meningkat.

Kendati demikian, ia berharap PT Kereta Api Indonesia (KAI) dapat terus melayani pemudik dengan optimal. "Untuk hari ini, pemudik yang akan ke pulang ke kampungnya masing-masing melonjak mencapai 26 ribu orang," kata Puan.

Pada Rabu ini atau atau H-4 Lebaran 2017, Stasiun Kereta Api Pasar Senen memberangkatkan sebanyak 26.189 penumpang dengan tujuan berbagai kota di wilayah Pulau Jawa.

Berdasarkan data Divisi Hubungan Masyarakat PT KA), sejak akhir pekan lalu, pemudik yang berangkat dari Stasiun Senen stabil di kisaran 25.000 hingga 26.000 penumpang.

Pada Jumat (16/6), Stasiun Senen memberangkatkan 24.210 penumpang, yang terus meningkat mencapai 25.891 penumpang pada Selasa (20/6) lalu. Pada hari-hari biasa Stasiun Senen sendiri memberangkatkan sekitar 18.000 penumpang setiap harinya.

PT KAI menyediakan 25 kereta reguler dan 12 kereta tambahan. Adapun 12 kereta tambahan tersebut antara lain Fajar Utama tujuan Yogyakarta, Kutoarjo Utara Lebaran tujuan Kutoarjo, Kertajaya Lebaran tujuan Surabaya Pasarturi, Tawang Jaya Tambahan tujuan Semarang Poncol, Argo Parahyangan Tambahan tujuan Bandung.

Selain itu Gaya Baru Malam Premium Tambahan tujuan Surabaya Gubeng, Brantas Lebaran tujuan Kediri, Matarmaja Lebaran tujuan Malang, Tawang Jaya Lebaran tujuan Semarang Poncol, Mataram Tambahan tujuan Lempuyangan, Mantab Premium Lebaran tujuan Madiun, dan Kutojaya Utara Premium Tambahan tujuan Kutoarjo.

Terpopuler