108 Ribu Kendaraan Pemudik Tinggalkan Jakarta

Red: Andi Nur Aminah

Rabu 21 Jun 2017 17:30 WIB

Gerbang tol Cikampek Foto: ROL Gerbang tol Cikampek

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Operator Tol Jakarta-Cikampek mencatat sedikitnya 108 ribu unit kendaraan pemudik mulai meninggalkan Jakarta untuk pulang ke kampung halaman mereka selama cuti bersama Lebaran 2017 hingga Selasa (20/6) malam. "Data ini tercatat berdasarkan transaksi pengendara di Gerbang Tol Cikarang Utama," kata AVP Corporate Public Relation PT Jasa Marga Dwimawan Heru di Bekasi, Rabu (21/6).

Menurut dia, pemudik yang mengarah ke Pantura serta Bandung dan sekitarnya sudah mulai bertambah sejak lima hari menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah. "Terhitung sedikitnya 108 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama," katanya.

Heru memprediksi lonjakan pemudik pada hari Rabu akan mencapai 108 ribu kendaraan, atau naik sekitar 52 persen dari normal sebanyak 70 ribu kendaraan. Jumlah tersebut, Heru mengatakan, mengalami peningkatan sebesar 43 persen dari situasi lalu lintas harian saat normal sebanyak 76 ribu unit kendaraan.

"Pola pengguna jalan yang diprediksi sebelumnya telah bergeser akibat penambahan cuti bersama pada 23 Juni 2017. Pengguna jalan akhirnya memutuskan untuk berangkat lebih awal," katanya.

Dengan adanya hal itu, kata dia, lalu lintas ke arah keluar Jakarta diperkirakan akan lebih terdistribusi dengan baik. Menghadapi musim mudik Lebaran 2017, Jasa Marga terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk pengguna tol.

"Kami menyediakan layanan informasi real time yang dapat diakses melalui call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080 atau Twitter @PTJASAMARGA khusus informasi lalu lintas dan @official_JSMR untuk informasi umum lainnya," katanya.

Terpopuler