Objek Wisata Baturraden Berbenah Hadapi Libur Lebaran

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 21 Jun 2017 16:24 WIB

Lokawisata Baturraden Foto: Wikipedia Lokawisata Baturraden

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Menghadapi libur lebaran, objek wisata Baturraden bersiap diri dengan melakukan berbagai pembenahan. Antara lain dengan menyajikan wahana wisata baru berupa sepeda gantung (zip bike) dan ayunan (swing mountain).

''Kedua wahana baru tersebut, akan menjadi tempat selfie dengan latar pemandangan perbukitan Baturraden yang indah,'' jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lokawisata Baturaden Djoko Hariyanto, Rabu (20/6).

Dengan wahana baru ini, Djoko berharap wisatawan yang datang ke Baturraden selama masa libur lebaran, bisa semakin menikmati objek wisata Baturraden. ''Untuk mencoba wahana sepeda gantung, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 20 ribu sekali naik,'' jelasnya.

Joko memastikan, wahana tersebut aman bagi pengunjung. Menurutnya, semuanya sudah diuji coba dan diperhitungkan dengan baik. ''Sebelum naik sepeda ini, pengunjung juga wajib mengenakan peralatan keamanan seperti harnes, webing, carabiner, dan helm yang kami sediakan,'' katanya.

Saat berfoto di atas sepeda gantung, pengunjung bisa berekspresi mengeluarkan berbagai gaya. ''Jika berani, dapat bergaya kaki lurus diatas stang, tangan lepas stang, dan sebagainya.''

Selain menyediakan wahana baru, Joko menyebutan, pihaknya sudah juga sudah membenahi berbagai fasilias seperti kolam renang, panggung, dan tempat berteduh bagi pengunjung. ''Prinsipnya, saat wisatawan berkunjung ke Baturraden pada libur lebaran besok, kondisi Baturraden sudah sangat siap menyambut pengunjung,'' katanya.

Sementara itu, terkait dengan pengamanan objek wisat  pihak kepolisian juga menggelar upacara gelar pasukan yang melibatkan seluruh personel keamanan obyek wisata. Upacara yang diikuti personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinporabudpar, Polisi Hutan, PMI/Puskesmas, PMPB, Jagabaya, Pramuka (Ubaloka), RAPI, Tagana dan Linmas, digelar di Baturraden, Rabu (21/6).

Kepada personel yang terlibat dalam Pamgab Pariwisata, Kapolres menghibau agar menjalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama  yang baik dalam pelaksanaan tugas, fungsi, tanggung jawab dan kewenangannya. Pada pengelolanya juga diharapkan menjadi tuan rumah yang baik, yaitu bersikap ramah-tamah, lemah lembut, dan sopan kepada pengunjung/wisatawan.

''Hindari sikap tindakan yang meresahkan pengunjung, dan memaksakan kehendak dan lainnya, sehingga Banyumas akan menjadi mbetahi dan ngangeni,'' lanjut Kapolres

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Drs Aziz Kusumandani mengatakan Pemkab telah membuat beberapa Pos Pengamanan Gabungan Pariwisata (PAMGAB) di seluruh obyek wisata yang ada di Kabupaten Banyumas, yang berada di Lokawisata Baturraden, Balai Kemambang, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, Pangsar Sudirman, Balai Kemanbang dan Tirta Husada Kalibacin.

''Kita akan menerjunkan 196 personel gabungan, untuk bisa membantu kenyamanan para wisatawan yang berkunjung di obyek wisata,'' katanya.

Terpopuler