Penumpang Bus Jakarta-Cirebon Belum Ada Lonjakan

Rep: Fuji EP/ Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 21 Jun 2017 15:05 WIB

Pemudik. Ilustrasi Foto: Republika/Raisan Al Farisi Pemudik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Sejumlah bus angkutan umum dalam provinsi terparkir dekat pintu keluar Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Purwakarta. Bus-bus tersebut belum jalan karena sepi penumpang.

Seorang calo bus angkutan umum di Cikopo, Cikampek, Budi (50 tahun) mengatakan, penumpang bus-bus angkutan umum belum ramai. Bus dari Jakarta rata-rata hanya membawa belasan penumpang. Jadi, ketika bus tersebut sampai Cikopo, mereka berhenti sambil menunggu penumpang.

"Penumpang bus dari Jakarta ke Cirebon dan Kuningan itu ramainya nanti tanggal 23 karena liburnya tanggal 23, jadi yang kerja di pabrik-pabrik pulang tanggal segitu," kata Budi di Cikopo kepada Republika.co.id, Rabu (21/6) siang.

Ia menerangkan, penumpang Bus Luragung, Setia Negara, Sahabat dan Bhineka juga sama. Mereka belum mendapatkan kenaikan penumpang secara signifikan. Penumpang bus dari Jakarta yang lewat Cikopo jumlahnya masih sama seperti hari-hari biasa.

"Mungkin nanti pas mulai libur tanggal 23 ada peningkatannya, kalau sekarang tuh lihat saja banyak bus yang nongkrong di Cikopo karena penumpang sedikit," ujarnya.

Dari pantauan Republika.co.id pada Rabu (21/6) pagi sampai siang, arus lalulintas Jalan Pantura di Karawang, Subang dan Indramayu masih ramai lancar. Para pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai mendominasi Jalan Pantura.

Terpopuler