Puncak Kedatangan Pemudik ke Sukabumi Diprediksi Jumat Sabtu

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Rabu 21 Jun 2017 09:30 WIB

Seorang petugas penguji kendaraan bermotor dari Dinas Perhubungan mengecek ban sebuah bus di terminal Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (17/6). Di lingkungan Pemkot Sukabumi, PNS boleh menggunakan mobil dinas untuk mudik. Foto: ANTARA FOTO/Budiyanto Seorang petugas penguji kendaraan bermotor dari Dinas Perhubungan mengecek ban sebuah bus di terminal Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (17/6). Di lingkungan Pemkot Sukabumi, PNS boleh menggunakan mobil dinas untuk mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Para pemudik dari berbagai daerah mulai berdatangan ke Sukabumi sejak H-7 lebaran lalu. Diperkirakan, puncak kedatangan pemudik akan berlangsung pada H-2 dan H-1 lebaran mendatang.

''Pemudik yang datang ke Sukabumi akan mencapai puncaknya pada Jumat (23/6) dan Sabtu (24/6),'' kata Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Agoeng Ramadhani kepada wartawan Rabu (21/6).

Ia mengatakan pemudik tersebut memilih pulang beberapa hari menjelang lebaran. Agoeng mengatakan para pemudik tersebut setelah tiba di Terminal Tipe A Kota Sukabumi biasanya meneruskan perjalanan ke sejumlah titik lainnya. Diantaranya melanjutkan perjalanan ke willayah selatan Sukabumi.

Lebih lanjut Agoeng mengungkapkan, aparat kepolisian telah disiagakan di sejumlah titik untuk pengamanan arus kedatangan pemudik tersebut. Harapannya, kata dia mereka bisa tiba dengan selamat di kampung halamannya masing-masing.

Koordinator Terminal Tipe A Kota Sukabumi Yukky Rahmat Yunus menerangkan, pada menjelang lebaran di Sukabumi lebih banyak menerima kedatangan pemudik dari berbaga daerah.'' Sejak H-7 lebaran lalu para pemudik terutama dari Jakarta dan Bandung sudah berdatngan ke Sukabumi,'' terang dia.

Di sisi lain kata Yukky jumlah pemudik yang diberangkatkan ke luar Sukabumi jumlahnya masih normal dan tidak ada peningkatan. Meskipun kata dia ada peningkatan sedikit dibandingkan kondisi normal

Contohnya untuk pemberangkatan pemudik dengan tujuan daerah Jawa Tengah. Pada H-7 lebaran jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai sebanyak 113 orang. Sementara pada H-8 lebaran mencapai sebanyak 34 orang.

Terpopuler