Pesona Khazanah Ramadhan Sambut Lebaran

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agung Sasongko

Selasa 20 Jun 2017 16:16 WIB

Warga menghadiri pembukaan Pesona Khazanah Ramadhan 2017 di Islamic Center, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (25/5). Foto: Republika/Tahta Aidilla Warga menghadiri pembukaan Pesona Khazanah Ramadhan 2017 di Islamic Center, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (25/5).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ajang Festival Pesona Khazanah Ramadhan yang digelar sejak awal bulan suci ramadhan di Kompleks Islamic Center NTB akan segera berakhir. Dari 28 kegiatan yang direncanakan, 24 diantaranya sudah dilaksanakan termasuk Kampung Khazanah Ramadhan yang menyediakan bazar makanan dan busana yang akan berakhir pada Rabu (21/6).

Beragam kegiatan menyambut hari raya Idul Fitri tengah dimatangkan Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata NTB. Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, pada Kamis (22/6) malam, Kompleks Islamic Center NTB akan menggelar Ramadhan Berzikir dengan menghadirkan Ustaz Arifin Ilham dan Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi.

"InsyaAllah malam Jumat akan ada Ramadhan Berzikir bersama Ustaz Arifin Ilham dan Bapak Gubernur," ujar Faozal di Kantor Dinas Pariwisata NTB, Selasa (20/6).

Tak berhenti di situ, Faozal melanjutkan, Ramadhan akan semakin semarak dengan pagelaran NTB Seribu Cahaya yang diharapkan bisa memecahkan rekor MURI untuk pelepasan ribuan lampion.

Faozal menjelaskan, kegiatan ini diharapkan memberikan terobosan baru dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Mataram Street Takbir, atau takbir di jalan dengan duduk dan rapi dapat diikuti seluruh warga NTB. Dia menilai, hal ini dapat memberikan nuansa baru bagi warga maupun wisatawan untuk menyaksikan momen tersebut.

Diperkirakan lautan manusia akan memadati sejumlah ruas jalan mulai dari Islamic Center NTB, perempatan Bank Indonesia, hingga Balai Kota Mataram. Nantinya, lautan manusia akan duduk bersama-sama sembari melantunkan takbir berjamaah sekitar satu jam sebelum melepas lampion ke udara.

"Akan kita jadwalkan juga lomba beduk dan takbir saat malam takbiran nanti," kata Faozal menambahkan.

Terpopuler