H-6 Lebaran, Pelabuhan Tanjung Priok Masih Lengang

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Agus Yulianto

Senin 19 Jun 2017 14:33 WIB

 Calon pemudik KM Dobonsolo terlelap saat mengikuti mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/6). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Calon pemudik KM Dobonsolo terlelap saat mengikuti mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Mudik gratis menggunakan angkutan laut di Pelabuhan Tanjung Priok yang dilakukan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI memasuki hari kedua pada Senin (19/6). Diperkirakan, puncak mudik akan terjadi pada H-3 lebaran, Kamis (22/6).

Pantauan Republika.co.id, para  pemudik, pemudik gratis sepeda motor antre melakukan registrasi ulang di tempat pendaftaran. Setelah melakukan pendaftaran, para pemudik langsung naik ke atas kapal KM Dobonsolo dengan tujuan Semarang.

Tak seperti tahun sebelumnya yang selalu ada penumpukan antrean sepeda motor,  pada tahun ini antrean tidak sampai mengular.  Direncanakan pada hari ini KM Dobonsolo itu akan memberangkatkan pemudik gratis itu ke Semarang pada pukul 16.00 WIB.

"Ini adalah hari ke kedua pelaksanaan mudik gratis sepeda motor. Mudik gratis ini diadakan oleh Kemenhub RI. Di Terminal Penumpang Nusantara Pura II," ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, yaitu AKBP Roberthus Yohanes De Deo Tresna Eka Trimana, Senin (19/6).

Mengantisipasi kepadatan pemudik, kata Roberth, Polres Pelabuhan Tanjung Priok  mengerahkan 97 personel untuk melakukan pengamanan dan pelayanan menyambut para pemudik sepeda motor. Tak hanya itu, informasi dihimpun kepolisian, data yang diterima pendaftaran secara online serta offline, pada Senin (19/6) sebanyak 684 jiwa dan sepeda motor ditotal  315 unit.

"Beberapa personil Polres Pelabuhan Tanjung Priok yang melakukan pengamanan langsung memberikan himbauan Kamtibmas ke seluruh pemudik sepeda motor untuk tetap antri tertib dan persiapkan dokumen persyaratan diminta yaitu SIM STNK KTP untuk perorangan. Selain itu ditambah dengan Kartu Keluarga bagi yang sudah berkeluarga sebagai persyaratan untuk melaksanakan mudik gratis sepeda motornya menggunakan armada kapal laut," terangnya.

Adapun, pelaksanaan mudik gratis KM Dobonsolo tujuan Jakarta - Semarang akan berlangsung selama lima hari yaitu pada tanggal 17, 19, 21, 22 dan 23 Juni 2017. Tidak hanya itu ditotal pendaftaran sebanyak 5725 jiwa, dan sepeda motor sebanyak 2718 unit. Sementara untuk arus baliknya mudik gratis tujuan Semarang-Jakarta itu pada tanggal 29, 30 Juni 2017, dan tanggal 2, 4, dan 6 Juli 2017 dengan total pendaftar 5.482 jiwa dan sepeda motor sebanyak 2581 unit.