Sepeda Motor Pemudik Mulai Tiba di Stasiun Purwokerto

Red: Hazliansyah .

Senin 19 Jun 2017 08:52 WIB

Sejumlah sepeda motor yang akan di kirim dengan menggunakan jasa kereta api terparkir di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (16/6). H-9 menjelang lebaran Idul Fitri, jasa pengiriman motor menggunakan jasa kereta api mengalami peningkatan seratus persen daripada bulan biasa. Foto: Rivan Antar Lingga/Antara Sejumlah sepeda motor yang akan di kirim dengan menggunakan jasa kereta api terparkir di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (16/6). H-9 menjelang lebaran Idul Fitri, jasa pengiriman motor menggunakan jasa kereta api mengalami peningkatan seratus persen daripada bulan biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Puluhan unit dari ratusan sepeda motor pemudik yang diangkut KA Angkutan Sepeda Motor Gratis Lintas Selatan 2 telah tiba di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.

"Tadi, pukul 05.15 WIB, KA Angkutan Motis (motor gratis, red) Lintas Selatan 2 relasi Jakartagudang-Blitar sudah datang. Dari jumlah pendaftar sebanyak 28 sepeda motor, realisasinya hanya 23 unit yang turun di Stasiun Purwokerto," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko di Stasiun Purwokerto, Senin.

Selain menerima kedatangan sepeda motor pemudik dari Jakarta, yang direncanakan total ratusan unit, kata dia, Stasiun Purwokerto pada Senin (19/6) pagi juga memberangkatkan sebanyak empat sepeda motor pemudik ke sejumlah kota di wilayah timur.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, PT KAI Daop 5 Purwokerto selama masa arus mudik lebaran direncanakan menerima 314 sepeda motor pemudik yang diangkut KA Motis Lintas Selatan 2.

"Ratusan sepeda motor tersebut akan diturunkan di Stasiun Purwokerto sebanyak 176 unit, Stasiun Kroya sebanyak 21 unit, dan Stasiun Kutoarjo sebanyak 117 unit," katanya.

Menurut dia, sebanyak 133 sepeda motor juga akan diberangkatkan PT KAI Daop 5 Purwokerto menggunakan KA Angkutan Motis Lintas Selatan 2 selama arus mudik dengan tujuan akhir Stasiun Blitar.

Selain KA Angkutan Motis Lintas Selatan 2, kata Ixfan, beberapa stasiun di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto juga akan disinggahi KA Angkutan Motis Lintas Selatan 1 relasi Jakartagudang-Kiaracondong-Kutoarjo, yakni Stasiun Sidareja, Stasiun Maos, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, dan Stasiun Kutoarjo.

"Selama masa arus mudik, direncanakan sebanyak 2.690 sepeda motor akan tiba di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto menggunakan KA Angkutan Motis Lintas Selatan 1. Selain itu, satu unit sepeda motor rencananya akan diberangkatkan dari Stasiun Kroya menuju Kutoarjo menggunakan KA Angkutan Motis Lintas Selatan 1 pada masa arus mudik," katanya. 

Terpopuler