Angkutan Lebaran di Gunung Kidul Siap 100 Persen

Red: Andi Nur Aminah

Senin 19 Jun 2017 06:45 WIB

Bus penumpang menunggu keberangkatan (ilustrasi) Foto: Republika/Raisan Al Farisi Bus penumpang menunggu keberangkatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan kelayakan dan kesiapan angkutan Lebaran 2017 sudah mencapai 100 persen. "Seluruh armada sudah siap dan laik jalan," kata Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Kabupaten Gunung Kidul Kuncoro Budi Santoso di Gunung Kidul, Senin (19/6).

Ia mengatakan total ada 560 armada telah dipersiapkan yang terdiri atas angkutan antarkota antarpropinsi (AKAP) sebanyak 70 armada, antarkota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 50 armada, angkutan pedesaan (angkudes) sebanyak 400 armada, dan juga angkutan perkotaan (angkot) sebanyak 40 armada. "Kalau dilihat dari pemudik tahun lalu sudah mencukupi," katanya.

Kuncoro juga mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan armada sebanyak dua kali. Terdapat beberapa bus yang mengalami kendala seperti keretakan pada kaca bus, sampai kondisi rem, ban, mesin yang kurang layak. "Saat pemeriksaan di Terminal Dagsinarga ada bus yang kacanya retak, kami rekomendasikan untuk tidak diberangkatkan," katanya.

Ia mengatakan pada 2016, jumlah pemudik yang datang melalui terminal terdapat 13.795 pemudik, yang diangkut 1.600-an bus AKAP dan AKDP. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunung Kidul Syarif Armunanto menambahkan untuk mendata pemudik pihaknya langsung turun ke lapangan dengan berkoordinasi dengan pihak kecamatan. "Nanti datanya per kecamatan, sehingga lebih akurat," katanya.

Terpopuler