Pemudik Tiba di Sukabumi Naik 20 Persen pada H-7

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ahad 18 Jun 2017 19:19 WIB

Mudik Lebaran - ilustrasi Foto: Republika/Tahta Aidilla Mudik Lebaran - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Para pemudik dari berbagai daerah mulai berdatangan di Terminal Tipe A Kota  Sukabumi Ahad (18/6). Mereka selanjutnya akan meneruskan perjalanan ke sejumlah daerah lainnya di Sukabumi.

'' Pada H-7 lebaran, jumlah pemudik yang tiba di terminal meningkat sekitar 20 persen dibandingkan sebelumnya,'' ujar Koordinator Terminal Tipe A Kota Sukabumi Yukki Rahmat Yunus kepada Republika Ahad. Para pemudik tersebut berasal dari sejumlah daerah seperti Jakarta, Bandung, dan Palabuhanratu.

Menurut Yukky, para pemudik ini memilih pulang kampung ke Sukabumi lebih awal. Hal ini kata dia disebabkan mulai masuknya masa liburan sekolah.

Yukky menuturkan, pada H-7 lebaran ini penumpang yang tiba di terminal jumlahnya memang lebih banyak dibandingkan yang diberangkatkan. Ia mengatakan penumpang yang berangkat di terminal jumlahnya tidak mengalami peningkatan yang berarti.

 

Diperkirakan ungkap Yukky, penumpang yang berangkat dari terminal akan meningkat pada hari H lebaran. Pasalnya kata dia ada sebagian pemudik yang baru pulang kampung selepas menunaikan shalat Idul Fitri.

Untuk melayani pemudik pada musim arus mudik ini ujar Yukky, Terminal Tipe A Kota Sukabumi menyiapkan sebanyak 140 armada bus. Ratusan unit bus ini terang dia sudah mendapatkan pemeriksaan kelayakan kendaraan.

Selain menyiapkan sebanyak 140 armada kata Yukky, terminal juga menyediakan bus cadangan untuk mengatasi lonjakan penumpang.'' Biasanya lonjakan penumpang terjadi pada arus balik dari Sukabumi menuju Jakarta,'' ujar dia.