Ini 5 Rest Area di Tol Soker Ruas Solo-Ngawi

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ratna Puspita

Sabtu 17 Jun 2017 23:36 WIB

Jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (6/6). Jalan tol Soker akan difungsikan sebagai jalur alternatif pemecah arus mudik lebaran 2017 pada H-10, dengan membuka dua pintu masuk tol di Ngasem dan Klodran, Karanganyar, serta pintu keluar tol di Pungkruk, Sragen. Foto: antara/aloysius jarot nugroho Jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (6/6). Jalan tol Soker akan difungsikan sebagai jalur alternatif pemecah arus mudik lebaran 2017 pada H-10, dengan membuka dua pintu masuk tol di Ngasem dan Klodran, Karanganyar, serta pintu keluar tol di Pungkruk, Sragen.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Pemudik yang hendak melalui jalur tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Solo-Ngawi dapat beristirahat di sejumlah posko dan rest area yang terdapat di beberapa titik ruas tol Solo-Ngawi. Ada lima titik untuk beristirahat yang bisa dijumpai pemudik ketika melintas di ruas ini.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) David Wijayamto menjelaskan pemudik dari arah Semarang akan diarahkan menuju pintu tol Ngasem. Sedangkan pemudik dari arah Jogja diarahkan menuju pintu Klodran. 

Di kedua pintu masuk tersebut, terdapat posko pengamanan di mana pemudik bisa beristirahat atau mencari informasi tentang rute mudik. 

Rest area pertama di tol Solo-Ngawi ini terdapat di Kilometer 21. Di rest area ini, pemudik dapat mengisi bahan bakar di kios Bahan Bakar Minyak (BBM) yang disediakan oleh Pertamina. 

Rest area kedua, di Kilometer 21 dekat posko pintu keluar Kebak. Selanjutnya di pintu keluar di Pungkuk atau di kilometer 29 juga terdapat rest area untuk Istirahat. Rest area selanjutnya terdapat di Kilometer 46 tepat di posko Padaplang. Terakhir, rest area terdapat di Kilometer 55 sebelum posko Widodaren.

David mengatakan selain tempat beristirahat, di setiap rest area terdapat mushola dan tolilet. "Kami juga siagakan ambulans dan mobil derek jika ada kendaraan pemudik yang mengalami masalah di tengah perjalanan,” kata dia di sela-sela pengecekan tol Solo-Kertosono ruas Solo-Ngawi pada Sabtu (17/6) sore.

David menjelaskan pemudik dari barat yang hendak menuju Sragen bisa keluar di Pungkruk (KM 35). Sedangkan bagi yang menuju Ngawi dan Madiun bisa keluar di Widodaren (KM 64). 

Dia mengungkapkan meski masih dalam tahap konstruksi, jalan Tol Soker ruas Solo-Ngawi sudah bisa difungsikan sebagai jalur alternatif arus mudik dan arus balik lebaran 2017. 

Pada arus mudik nanti, jalur alternatif sepanjang 65 kilometer tersebut hanya akan dibuka satu arah dari Barat ke Timur mulai Senin (19/6). Pemudik dapat menggunakan jalur tersebut mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. 

Terpopuler