Terminal Madiun Menerima 700 Bus Selama Lebaran

Red: Nidia Zuraya

Sabtu 17 Jun 2017 11:47 WIB

Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi Foto: Republika/ Wihdan Hidayat Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Kepala UPTD Terminal Purbaya Kota Madiun Hari Suhardono memprediksi sekitar 700 bus per hari akan masuk terminal tipe A tersebut selama masa angkutan Lebaran 2017.

Hari Suhardono di Madiun, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan bahwa jumlah bus yang masuk ke Terminal Purbaya Madiun pada hari biasa dan akhir pekan antara 400 dan 500 bus per hari. "Itu untuk semua jenis bus, baik bus antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun antarkota dalam provinsi (AKDP)," kata Hari.

Peningkatan tersebut, menurut dia, seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan moda transportasi bus saat masa angkutan Lebaran berlangsung. Rata-rata bus yang masuk adalah jurusan Surabaya-Madiun-Yogyakarta, Malang-Madiun-Ponorogo, Madiun-Ngawi-Bojonegoro, Madiun-Magetan, dan Madiun-Jakarta.

Jurusan Madiun-Jakarta dan Madiun-Bandung, kata dia, biasanya akan ada penambahan saat memasuki arus balik nanti.

Memasuki masa angkutan Lebaran 2017, pihaknya telah melakukan sejumlah perbaikan sarana dan prasarana di terminal setempat, di antaranya dengan memperbaiki landasan pacu bus yang masuk dan pengecatan ulang sejumlah ruangan.

Pada H-10 ataupun maksimal pada H-7, Terminal Purbaya Kota Madiun telah siap menerima pemudik dan armada masa angkutan lebaran. Untuk lebih memaksimalkan pelayanan, pihaknya bersama instasnsi terkait telah mendirikan pos pelayanan terpadu di terminal setempat.

Pos tersebut melayani keamanan, layanan informasi, layanan kesehatan, dan lainnya yang berhubungan dengan masa angkutan Lebaran.

Terpopuler