Pelabuhan Gilimanuk Siap Layani Pemudik 2017

Rep: Hazliansyah ./ Red: Hazliansyah .

Jumat 16 Jun 2017 22:36 WIB

Sejumlah pemudik bersepeda motor antre masuk ke kapal ferry pada H-4 Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Senin (13/7).   (Antara//Nyoman Budhiana) Sejumlah pemudik bersepeda motor antre masuk ke kapal ferry pada H-4 Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Senin (13/7). (Antara//Nyoman Budhiana)

REPUBLIKA.CO.ID, NEGARA -- PT ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Gilimanuk beserta institusi terkait seperti Polres Jembrana, Bali, siap melayani pemudik Lebaran 2017 menuju Pulau Jawa.

Pantauan di Pelabuhan Gilimanuk dan sekitarnya, Jumat, pihak pelabuhan mulai memasang tenda hingga di jalan raya luar pelabuhan, seperti yang biasa dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Tenda itu diperuntukkan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor saat mereka menunggu antrean masuk ke pelabuhan maupun kapal.

Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana juga mulai memasang 'water barrier" (pembatas jalan) sepanjang tiga kilometer untuk membagi jalur bagi kendaraan yang menuju ke Pelabuhan Gilimanuk dan sebaliknya.

"Jalur di jalan nasional ini kami bagi menjadi tiga. Dua arah ke pelabuhan untuk mobil dan sepeda motor, dan satu jalur bagi kendaraan yang datang dari arah pelabuhan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana Ajun Komisaris Nyoman Sukadana.

Sedangkan Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Unit Pelabuhan Gilimanuk Heru Wahyono mengatakan, pihaknya memasang tenda peneduh sepanjang 500 meter di depan pelabuhan, ditambah dengan yang di dalam pelabuhan.

Menurut dia, sejak Jumat dinihari, mulai terjadi peningkatan kendaraan yang masuk ke pelabuhan, namun masih didominasi mobil pribadi.

"Memasuki H-10, tercatat 4.068 unit kendaraan yang masuk ke pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Jawa. Ada peningkatan sekitar 13 persen dibandingkan tahun 2016," katanya.

Terpopuler