Pesona Khazanah Ramadhan Alternatif Wisata Spiritual

Rep: FUJI PRATIWI/ Red: Agung Sasongko

Jumat 16 Jun 2017 15:15 WIB

Warga menghadiri pembukaan Pesona Khazanah Ramadhan 2017 di Islamic Center, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (25\5). Foto: Tahta Aidilla/Republika Warga menghadiri pembukaan Pesona Khazanah Ramadhan 2017 di Islamic Center, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (25\5).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pesona Khazanah Ramadhan dinilai bisa jadi alternatif wisata spiritual di Bulan Suci selain opsi ke Tanah Suci. Apalagi dengan mengundang qari internasional, jamaah yang datang ke Islamic Center mendapat suguhan tarawih 'mewah'.

Ketua Asosiasi Pariwisata Islam Indonesia (APII) TGH Fauzan Zakaria Amin menjelaskan, selain menghidupkan Ramadhan di tengah kultur masyarakat mayoritas Muslim, tujuan Pesona Khazanah Ramadhan yang digagas Gubernur NTB adalah juga untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di-low season. Sehingga, perhelatan ini tidak cuma meningkatkan spiritualitas dan kunjungan wisatawan, tapi sekaligus menguatkan citra Lombok sebagai destinasi wisata halal dunia.

Dari interaksi dengan banyak pengunjung dan jamaah, Ustaz Fauzan sudah mendapati ada wisatawan dari Malaysia, selain tentunya wisatwan domestik seperti dari Jakarta. Diakuinya, efek kunjungan wisatawan dari Pesona Khazanah Ramadhan masih sedikit.

''Tapi itu karena belum banyak yang tahu tentang Pesona Khazanah Ramadhan sehingga kunjungan wisatawan Muslim efek dari penyelenggaraan Pesona Khazanah Ramadhan masih rendah. Semoga setelah nanti evaluasi, selanjutnya bisa lebih baik,'' tutur Ustaz Fauzan, Kamis (15/6).

Ia membenarkan Pesona Khazanah Ramadhan bisa jadi alternalif wisata saat Ramadhan selain ke Tanah Suci. Umat Islam yang ke Tanah Suci saat Ramadhan tujuan utamanya adalah ibadah. Tentu tidak semua umat Islam mampu membayar paket khusus umrah saat Ramadhan. Ada pula yang tetap ingin beribadah khusyuk tapi tidak cukup waktu sehingga Pesona Khazanah Ramadhan bisa jadi alternatif.

Pesona Khazanah Ramadhan bisa didesain dan disuasanakan mirip di Tanah Suci dan ia yakin itu bisa. Sehingga dengan anggaran yang wisatawan Muslim miliki, mereka tetap bisa berwisata alam dan berwisata spritual sekaligus.

Ustaz Fauzan yakin Pesona Khazanah Ramadhan akan makin ramai menjelang akhir Ramadhan. ''Apalagi masyarakat sudah nikmat dengan tarawih 'mewah' yang diimami qari-qari internasional. Insya Allah mereka akan bertahan,'' ungkap Ustaz Fauzan.

Bagi umat Islam di sekitar NTB yang belum menyadari sajian istimewa di Pesona Khazanah Ramadhan tersebut, Ustaz Fauzan berharap mereka segera tahu dan mau datang. APII yakin, wisata halal membawa keberkahan untuk bangsa ini.

Terpopuler