Apa yang Sebaiknya Dimakan Ketika Sahur?

Rep: MUTIA RAMADHANI/ Red: Esthi Maharani

Jumat 16 Jun 2017 10:00 WIB

Ilustrasi Anak Makan Sahur Foto: Foto : MgRol_93 Ilustrasi Anak Makan Sahur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluarga Muslim biasanya berkumpul untuk menikmati makan sahur dan berbuka puasa bersama di bulan Ramadhan. Tidak ada cara terbaik untuk mengawali dan mengakhiri puasa selain makanan gurih favorit Anda. Ahli diet dari Singapore General Hospital (SGH), Tan Sheau Kang mengatakan sahur perlu dinikmati dengan makanan sehat yang menyediakan Anda cukup energi untuk bertahan selama berjam-jam puasa di siang hari.

Berikut adalah makanan yang baik dikonsumsi saat sahur, dilansir dari Healthxchange, Jumat (16/6).

1. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya serat sehingga penting dimakan saat sahur. Ini untuk meningkatkan rasa kenyang dan mencegah sembelit. Buah dan sayuran juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia yang sangat penting untuk kesehatan.

2. Beras dan alternatifnya

Karbohidrat tinggi serat, seperti beras putih, beras merah, roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Ini mempertahankan tingkat energi saat berpuasa lebih lama.

3. Daging dan alternatifnya

Ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak adalah sumber protein terbaik. Mereka juga membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, serta sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi produk susu tinggi kalsium juga mempertahankan kekuatan tulang. Mereka yang tidak toleran laktosa bisa memilih susu bebas laktosa atau susu kedelai yang kaya kalsium.

Terpopuler