Polisi Mengamankan Tiga Bus tidak Laik Jalan

Red: Ilham Tirta

Kamis 15 Jun 2017 21:03 WIB

Pemeriksaan bus laik jalan. (ilustrasi). Foto: Antara/Eric Ireng Pemeriksaan bus laik jalan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Boyolali bersama Dinas Perhubungan setempat menggelar mengecekan kendaraan di Terminal Sunggingan Boyolali, Kamis (15/6). Petugas mengamankan tiga armada yang tidak laik jalan.

Tiga armada bus tersebut dari PO Agra, PO Jaya, dan Harta Sanjaya yang memiliki izin trayek jurusan Jawa Timur- Jakarta. Ketiganya dinilai tidak laik jalan saat diperiksa di Terminal Sunggingan Boyolali dalam rangka menyambut arus mudik Lebaran 2017.

Menurut Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Marlin Supu Payu, ketiga bus tersebut diamankan dan diminta untuk memperbaiki terlebih dahulu sebelum jalan. "Satu dari tiga bus rem tangannya tidak berfungsi. Bahkan, bus ada kacanya yang pecah, sehingga diamankan oleh petugas," kata Marlin.

Selain itu, pengemudi bus juga dilakukan pemerisaan kesehatan, termasuk tes urine untuk mengantisipasi menyalahgunaan narkoba. Hal ini, hanya melakukan agar para penumpang bus merasakan aman dana nyaman dalam perjalanannya. "Saya menyayangkan masih ada bus tak laik jalan yang tetap beroperasi mengangkut penumpang. Hal ini akan membahayakan keselamatan penumpangnya," kata Marlin.

Kendati demikian, Marlin tetap mengimbau masyarakat agar lebih waspada memilih armada bus untuk perjalanan mudik. Masyarakat bisa memilih bus yang laik dan lebih aman serta nyaman untuk perjalanan.

Selain itu, Marlin juga mengimbau para pengemudi bus untuk mengecek kendaraannya sebelum jalan dan patuhi peraturan-peraturan rambu lalu lintas di jalan. Penyebab kecelakaan kebanyakan akibat melanggar rambu lalu lintas.

"Bus yang diamankan itu, setelah diperbaiki dan laik jalan baru dapat melanjutkan perjalanannya ke Jakarta," katanya.

Terpopuler