Pemkab Garut Siagakan Fasilitas Kesehatan Selama Musim Mudik

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Hazliansyah .

Kamis 15 Jun 2017 16:17 WIB

Posko kesehatan arus mudik Foto: Republika/M syakir Posko kesehatan arus mudik

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Dinas Kesehatan Kabupaten Garut menyiagakan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan selama musim mudik. Setidaknya terdapat 67 puskesmas dan ratusan posko kesehatan yang disiapkan guna melayani pemudik yang mengalami keluhan penyakit selama di perjalanan.

"Pemudik yang mengalami keluhan penyakit ringan akibat kelelahan seperti pusing-pusing, pegal, muntah-muntah dan keluhan kesakitan lainnya selama diperjalanan bisa memafaatkan fasilitas kesehatan yang tersebar di 67 puskesmas di Garut," kata Kepala Dinas Kesehatan Garut Tenny Rifai, Kamis.

Ia menyebut untuk menyiagakan 67 puskesmas itu maka dilibatkan sekitar 1.700 tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan. Selain puskesmas, Pemkab Garut ikut menyediakan posko-posko kesehatan di setiap titik jalur mudik.

"Posko kesehatan disiagakan di setiap jalur-jalur rawan kemacetan, berdampingan dengan pospam lebaran termasuk posko kesehatan yang disediakan di sejumlah terminal di Garut," ujarnya.

Ia pun memastikan penyediaan stok obat-obatan yang telah didistribusikan ke masing-masing puskesmas dan posko-posko kesehatan yang tersebar hampir di setiap pos pengamanan arus mudik dan balik lebaran 1438 H.

Nantinya puskesmas dan posko kesehatan akan diaktifkan mulai H-7 hingga H+7 lebaran 2017.

Terpopuler