Jelang Lebaran, BPBD Sukabumi Buka Posko Siaga Bencana

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham Tirta

Kamis 15 Jun 2017 15:34 WIB

Balai Kota Sukabumi Foto: Republika/Yogi Ardhi Balai Kota Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi berencana membuka posko siaga bencana menghadapi momen lebaran. Keberadaan posko tersebut diharapkan bisa mempercepat penanganan bencana pada saat arus mudik, balik maupun libur lebaran.

''Rencananya ada tiga titik posko penanganan bencana pada saat lebaran,'' kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami kepada Republika.co.id, Kamis (15/6). Lokasi posko bencana ini antara lain di rest area SPBU di Jalan Ciaul dan kantor BPBD Kota Sukabumi.

Pemilihan tempat untuk posko ini salah satunya di lokasi yang rawan kemacetan lalu lintas seperti di Jalan Ciaul. Kehadiran posko di sana diharapkan mempercepat penyampaian atau pengaduan terjadinya bencana di tengah masyarakat sehingga informasi itu bisa ditindaklanjuti dengan cepat oleh BPBD maupun instansi terkait lainnya.

Keberadaan posko ini akan mulai beroperasi sejak 20 Juni hingga 1 Juli 2017, mendatang. Zulkarnain mengatakan, BPBD memang sudah rutin membuka posko penanganan bencana, terutama pada momen hari besar seperti Idul Fitri.

Langkah tersebut sebagai bentuk peningkatan layanan kepada warga. Ditambahkan Zulkarnain, warga harus tetap waspada menghadapi potensi bencana, baik longsor maupun banjir bandang. Terlebih, sebagian wilayah Sukabumi termasuk ke dalam kawasan rawan bencana. Potensi ini makin meningkat terutama pada waktu Sukabumi diguyur hujan deras yang cukup lama.

Terpopuler