REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga Tbk sebagai pengelola jalan tol memberikan pelayanan informasi lalu lintas melalui beberapa cara kepada masyarakat dan pemudik saat arus mudik dan balik Idul Fitri 2017. Corporate secretary PT Jasa Marga Tbk, Agus Setiawan mengatakan, ada beberapa pelayanan informasi lalu lintas melalui Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC).
Pertama, kesiapan petugas call center dengan nomor 14080. Kedua, pemantauan kondisi lalu lintas melalui 764 kamera pengawas (CCTV) dan 23 Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS). CCTV ini, kata dia, dapat diakses melalui website http://www.jasamargalive.com atau website yang bisa diakses di telepon selular di http://m.jasamargalive.com.
Ketiga, penyampaian informasi lalu lintas melalui 95 VMS, empat unit VMS mobile dan twitter. "Keempat, penyampaian informasi situasi lalu lintas di jalan tol secara real time kepada pengguna tol berdasarkan lokasi dan arah tujuan pengguna jalan tol melalui aplikasi Mobile JMCARe," katanya saat informasi kesiapan mudik 2017, Rabu (14/6).
Kelima, penambahan 14 unit VMS dan tiga unit VMS Mobile di ruas Jakarta Tangerang, Cipularang-Padaleunyi, dan JORR. Keenam, penyediaan layanan informasi kondisi lalu lintas terkini juga disampaikan melalui radio swasta Elshinta, Sonora Pro 2 FM, Rasika FM, Idola FM dalam bentuk laporan langsung dan wawancara langsung oleh stasiun TV swasta