Puskesmas Karawang Siaga 24 Jam Selama Musim Mudik

Red: Dwi Murdaningsih

Rabu 14 Jun 2017 15:22 WIB

 Salah satu layanan di Puskesmas (ilustrasi). Foto: Antara/Anang Budiono Salah satu layanan di Puskesmas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang siaga 24 jam selama musim mudik lebaran.

"Cukup banyak Puskesmas yang berada di sepanjang Jalur mudik wilayah Karawang. Puskesmas itu sudah diintruksikan untuk siaga 24 jam selama musim mudik," kata Kepala Dinas Kesehatan Karawang Yuska Yasin, Rabu (14/6).

Ia mengingatkan agar Puskesmas yang berada di sepanjang jalur mudik segera melakukan persiapan. Sebab mulai H-7 Lebaran, Puskesmas itu siaga 24 jam.

Selain itu, selama musim mudik lebaran 2017, Dinas Kesehatan Karawang juga menyediakan puluhan mobil ambulans yang akan disebar di sejumlah titik.

"Kami masih terus melakukan persiapan penjagaan selama musim mudik nanti. Seperti persiapan petugas, alat emergensi, obat-obatan dan lain-lain," kata dia.

Untuk tenaga kesehatan, Dinas Kesehatan Karawang akan menyebar 2.446 tenaga kesehatan di sepanjang posko sepanjang jalur mudik.

Tenaga kesehatan itu di antaranya 98 dokter umum dari Puskesmas, 50 dokter dari rumah sakit, 99 dokter spesialis, serta dua dokter dari Dinas Kesehatan Karawang.

Selain itu juga disiapkan 462 perawat, 658 bidan, 27 sanitarian (pengawas makanan), tujuh epidemiologi (ahli racun) serta satu orang apoteker.

Terpopuler