Dishub Ciamis akan Pasang Ratusan Rambu Jalan Jelang Mudik

Rep: RIZKY SURYARANDIKA/ Red: Ilham Tirta

Selasa 13 Jun 2017 20:18 WIB

Memasang marka pembatas jalan di jalur mudik (ilustrasi). Memasang marka pembatas jalan di jalur mudik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, \RCIAMIS -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis tengah menyiapkan ratusan Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan (RPPJ) dan alat kelengkapan lalu lintas lainnya jelang musim mudik Lebaran tahun ini. Dalam waktu dekat ini, pemasangan akan dilakukan oleh masing-masing UPTD.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Ciamis, Agus Yani menyebut, rambu-rambu yang akan dipasang terdiri dari 115 penunjuk arah, 43 barikade, 97 water barrier, 161 traffic cone, dan ratusan stick untuk mempermudah rekayasa lalu lintas. Bahkan, Dishub juga menyiapkan warning light portable di beberapa titik.

"Semuanya akan ditempatkan di jalur mudik. Mulai dari Cihaurbeuti sampai Cisaga. Ini untuk memudahkan para pemudik dan pebalik yang menempuh rute Selatan Jabar,” katanya.

Pengadaan RPPJ tersebut, merupakan bantuan dari Pemprov Jabar dan pemerintah pusat. Pemasangan akan dilakukan pada H-10 Lebaran. Pemasangannya diserahkan kepada masing-masing UPTD Dishub. "Sebab mereka dinilai lebih mengetahui situasi dan kondisi di lapangan sekaligus menjadi penanggung jawab, jadi mereka saja yang memasang lebih tau titik-titiknya," ujarnya.

Selain itu, Dishub juga akan menambah dua traffic light di Kecamatan Cihaurbeuti dan Kecamatan Cisaga. Adapun untuk traffic light di persimpangan Lokasana dan Tonjong akan diperbaiki. Sehingga secara total jumlah Itraffic light di Ciamis mencappai 14 unit.

“Hal ini guna menekan angka kecelakaan di jalur mudik, kami juga akan memasang imbauan. Baik di pertigaan jalan maupun di rest area supaya lebih efektif,” ucapnya. 

Terpopuler