Belasan Ulama Palestina Safari Ramadhan Keliling Indonesia

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ilham Tirta

Selasa 13 Jun 2017 20:06 WIB

Ketua umum Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Suripto ( kiri), Sekretaris Jendral (Sekjen) KNRP Suhartono (kedua kanan) dan Koordinator Safari Ramadhan Ulama Palestina ke Indonesia Issam Sulaiman Mahmud (kanan) pada acara pelepasan safari Ramadhan Ulama Palestina di kantor Pusat KNRP,Jakarta, Selasa (13/6). Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Ketua umum Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Suripto ( kiri), Sekretaris Jendral (Sekjen) KNRP Suhartono (kedua kanan) dan Koordinator Safari Ramadhan Ulama Palestina ke Indonesia Issam Sulaiman Mahmud (kanan) pada acara pelepasan safari Ramadhan Ulama Palestina di kantor Pusat KNRP,Jakarta, Selasa (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, \RJAKARTA -- Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) menggelar acara pelepasan Safari Ramadhan Ulama Palestina 1438 H di Kantor Pusat KNRP pada Selasa (13/6), sore. Sebanyak 15 ulama dari Palestina mengikuti Safari Ramadhan dengan mengelilingi berbagai wilayah di Indonesia sejak Mei sampai Juni 2017.

"Melalui Safari Ramadhan, ulama Palestina diharapkan dapat mengabarkan kondisi terkini Masjid Al-Aqsha dan rakyat Palestina baik yang ada di dalam maupun yang mengungsi di luar Palestina," kata Sekretaris Jendral KNRP, Suhartono kepada Republika.co.id, Selasa (13/6).   

Ia mengatakan, melalui program Safari Ramadhan, diharapkan ulama Palestina bisa mengetuk hati rakyat Indonesia. Sehingga rakyat Indonesia terketuk hatinya untuk ikut membantu perjuangan rakyat Palestina dalam menjaga Masjid Al-Aqsha sampai saat ini. Meski rakyat Palestina terus digempur zionis.  

Ia menerangkan, para ulama dari Palestina yang mengikuti program Safari Ramadhan dapat memberikan informasi terbaru mengenai kondisi Muslim dan Masjid Al-Aqsha di Palestina. Sehingga masyarakat Indonesia mendengar langsung informasi tersebut dari ulama Palestina.

"Masyarakat jadi tahu informasi dan terketuk hatinya agar peduli, membantu, membela rakyat Palestina yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Terutama krisis kemanusiaan di Gaza yang sudah 11 tahun diblokade," ujarnya.

Wakil Sekretaris Bidang Humas KNRP, Zakaria M Alif menyampaikan, program Safari Ramadhan di wilayah-wilayah berjalan dengan baik. Rakyat Indonesia sangat antusias mendengarkan kajian dari ulama Palestina. Mereka juga berbondong-bondong menyumbangkan hartanya untuk membantu saudara-saudara Muslim di Palestina. 

Dijelaskan dia, bersama dengan program Safari Ramadhan, KNRP mengumpulkan donasi dari berbagai wilayah di Indonesia. Donasi tersebut nantinya akan disalurkan kepada rakyat Palestina di Jalur Gaza, Kota Al-Quds, Tepi Barat serta kepada para pengungsi Palestina yang ada di Turki Selatan, Lebanon, dan sekitarnya. 

"Penyaluran donasi rencananya dilakukan pada penghujung Ramadhan atau mendekati Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Terima kasih masyarakat Indonesia yang sudah mempercayakan KNRP untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat Palestina. Semoga Allah SWT membalas dengan sebaik-baiknya balasan," katanya. 

Beberapa wilayah yang dikunjungi ulama Palestina saat Safari Ramadhan di antaranya Bengkulu, Yogyakarta, Lampung, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, dan Aceh. Selain itu, ulama Palestina juga berkunjung ke Sumatera Utara, NTB, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Banten, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Jambi, dan Riau.