Hidangan Kuno dari Irak untuk Ramadhan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Yudha Manggala P Putra

Selasa 13 Jun 2017 16:28 WIB

Samak Masouf Foto: khaleejtimes.com Samak Masouf

REPUBLIKA.CO.ID, IRAK -- Setiap hidangan Irak punya cerita yang berbeda. Salah satu yang paling populer adalah makanan laut dengan cita rasa nasional, Samak Masouf.

Makanan ini punya cerita panjang. Ia berasal dari masa Babylonia dan Sumeria. Irak memang terkenal sebagai negara yang memiliki resep tertua di dunia.

Makanan-makanan Irak saat ini hampir tidak berubah sejak zaman kuno Mesopotamia, hampir 2.000 tahun sebelum Masehi. Mulai dari sup yogurt dengan daging, hingga sayur nasi dan daging cincang.

Tak ketinggalan ikan segar hasil tangkapan yang langsung dipanggang di atas api. Orang-orang Irak suka resep itu tidak diubah dan menjadikannya masakan modern masa kini.

Samak Masouf sendiri begitu dicintai oleh orang Irak. Menu ini hampir tersedia di semua restoran Timur Tengah. Tak hanya di tempat asalnya, menu Samak Masouf juga hadir di Barat, seperti London.

Irak memang terkenal dengan kekunoannya yang dipertahankan. Negara ini seperti tidak pernah berubah. Sungai Tigris di Baghdad telah sejak lama jadi lokasi terkenal tempat ditemukannya hidangan-hidangan masa lalu.

Tempat ini ramai termasuk saat Ramadhan. Panganan yang populer di sana adalah ikan segar air tawar yang langsung ditangkap, dibersihkan, dibumbui dan panggang.

Ikan ini kadang dimakan sendiri kadang dihidangkan dengan beragam makanan segar. Mulai dari lemon, potongan mangga, nasi, roti canai, apricot, daun kurma. Semuanya dipanggang dalam pinggan tanah liat. Hasilnya, ikan jadi renyah di luar, lembut dan juicy di dalam. Rasanya manis dan asam di waktu bersamaan. Sebuah makanan yang menawarkan sensasi zaman dahulu dari Irak.

Terpopuler