Harga Daging Sapi Naik pada H-3 Lebaran

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ilham Tirta

Selasa 13 Jun 2017 16:09 WIB

Pedagang daging sapi. (ilustrasi). Foto: Mahmud Muhyidin Pedagang daging sapi. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Asosiasi Pedagang Daging, Asnawi memprediksi akan terjadi kenaikan harga daging sapi segar pada H-3 menjelang Lebaran. Kenaikan akan menyentuh angka Rp 125 ribu hingga Rp 135 ribu per kg.

"Namun, harga daging akan kembali normal setelah Lebaran," katanya kepada wartawan saat ditemui di Hotel Ibis Cawang, Selasa (13/6).

Harga daging sapi segar normal saat ini sendiri berada di angka Rp 115 hingga Rp 120 ribu per kg. Ia menjelaskan, kenaikan harga terjadi karena jeroan tidak laku jelang Lebaran, begitu juga dengan turunnya penjualan kulit. "Sehingga terjadi kenaikan di harga daging," kata dia.

Untuk diketahui, harga kulit saat ini di agen sebesar Rp 11 ribu per kg dan akan turun menyentuh angka Rp 9 ribu per kg pada saat Lebaran. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk stabilisasi harga daging termasuk intervensi dengan memasukkan daging kerbau beku. Namun, di lapangan harga daging kerbau banyak dijual di angka Rp 90 ribu, lebih tinggi dari harga acuan yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp 80 ribu per kg.

Terpopuler