Menyiasati Perubahan Suasana Hati Selama Ramadhan

Rep: MUTIA RAMADHANI/ Red: Indira Rezkisari

Selasa 13 Jun 2017 15:27 WIB

 Warga membeli kurma di salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta, Jumat (26/5). Foto: Republika/Yasin Habibi Warga membeli kurma di salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta, Jumat (26/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muslim yang menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan terkadang merasa gelisah dan suasana hati berubah-ubah. Perubahan suasana hati ini bisa membahayakan jika tak dikendalikan.

Anda bisa emosi berlebihan, sedih berlebihan, dan segalanya menjadi tak terkendali. Hal ini bisa diakali dengan memastikan pasokan makanan yang dapat meningkatkan kebahagiaan, dilansir dari Al-Arabiya, Selasa (13/6).

Pertama, chamomile bisa menyembuhkan kelelahan dan menghilangkan stres. Kedua, vitamin B yang ditemukan dalam kurma bisa meningkatkan kemampuan sistem saraf seseorang.

Ketiga, kalium yang ditemukan pada pisang membantu menggurangi rasa tegang dan kelelahan. Keempat, kacang merah kaya potasium dan protein. Konsumsi kacang merah mengurangi gangguan psikologis.

Kelima, sayuran hijau, seperti bayam kaya akan asam folat dan vitamin B9. Ini bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang.

Keenam, bit juga mengandung folat. Bit kaya akan uridine dan magnesium, sehingga bisa melawan depresi. Ketujuh, vitamin B6 pada ubi jalar bisa meningkatkan kualitas mental.

Terpopuler