Beras Zakat Fitrah Kemasan Diminati

Red: Agung Sasongko

Selasa 13 Jun 2017 00:43 WIB

Umat muslim membayarkan zakat fitrah kepada panitia amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/6). Foto: Antara/M Agung Rajasa Umat muslim membayarkan zakat fitrah kepada panitia amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BOJONEGORO -- Sejumlah pedagang di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan minat masyarakat baik lembaga maupun perseorangan yang membeli beras zakat fitrah kemasan 2,5 kilogram dan 3 kilogram cukup tinggi sejak dua pekan terakhir.

"Beras zakat fitrah kemasan saya sudah laku lebih dari 8 ton dengan pembeli perseorangan juga lembaga baik Pemerintah maupun swasta, sejak dua pekan terakhir," kata seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Kharis, Senin (6/13). Bahkan, menurut dia, Bulog Subdivre III Bojonegoro juga memesan 300 paket beras zakat fitrah, selain lembaga swasta seperti perusahaan.

Di tempatnya, lanjut dia, harga beras zakat fitrah kemasan kualitas premium 2,5 kilogram Rp23.500 per kilogram dan Rp25.500 per kilogram, sedangkan beras kemasan 2,5 kilogram Terate mencapai Rp27.500 per kilogram. Selain itu, ia juga menjual beras zakat fitrah kemasan 3 kilogram dua jenis masing-masing dengan harga Rp28.000 dan Rp29.000 per kilogram.

"Beras zakat fitrah kemasan 2,5 kilogram dan 3 kilogram sama-sama lakunya. Ada yang kemasan saya sendiri, tetapi untuk kemasan Terate saya membeli produksi Tuban," ucapnya.

Ia optimistis penjualan beras kemasan pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun lalu yang bisa menjual lebih dari 15 ton. "Semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri tingkat penjualan beras zakat fitrah akan semakin meningkat. Masyarakat lebih senang membeli beras zakat fitrah kemasan karena praktis," ucapnya.

Menjawab pertanyaan, ia menjelaskan adanya beras kemasan zakat fitrah 3 kilogram karena adanya imbauan dari Kementerian Agama (Kemenag) sejak tahun lalu. "Beras zakat fitrah kemasan 3 kilogram biar lebih aman," tandasnya.

Hal senada disampaikan pedagang beras lainnya di Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Kota, Indah yang menyebutkan beras zakat fitrah kemasan 2,5 kilogram sudah laku sekitar 2 kuintal dengan harga Rp28.000 per kilogram.

"Kami juga melayani beras zakat fitrah 2,5 kilogram dengan harga Rp24.500 per kilogram," katanya.

Seorang pedagang beras lainnya Sakip mengaku hanya mempersiapkan beras zakat fitrah Terate 2,5 kilogram dengan harga Rp28.000 per kilogram.\"Kalau ada yang minta beras zakat fitrah dikemas ya tetap saya layani," ucapnya.

Yang jelas, menurut Kharis juga Ny. Indah, harga beras zakat fitrah kemasan lebih mahal sedikit dibandingkan dengan pembelian beras yang dilakukan tanpa kemasan.

Terpopuler