Kemenkes Siapkan 3.826 Pos Kesehatan Jelang Mudik 2017

Rep: Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih

Senin 12 Jun 2017 17:37 WIB

Seorang penumpang angkutan mudik lebaran memeriksakan kesehatan di posko pelayanan kesehatan gratis di rest area Tol Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (11/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang) Seorang penumpang angkutan mudik lebaran memeriksakan kesehatan di posko pelayanan kesehatan gratis di rest area Tol Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (11/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan telah menyiapkan 3.826 pos kesehatan di sepanjang jalur mudik. Pos-pos ini bertujuan untuk membantu pelayanan kesehatan para permudik selama dalam perjalanan.

"Pos kesehatan kami total jumlahnya 3.826," ujar Nila di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

Sebanyak 3.826 pos kesehatan di jalur mudik ini meliputi pos kesehatan, puskesmas, rumah sakit, kantor kesehatan, serta layanan emergency atau public safety center 119. Pos-pos tersebut akan menyebar di sepanjang jalur mudik, baik di Jakarta, Banten, Jawa, Kalimatan, Sumatera, maupun Sulawesi.  

"Ini kita usahakan memang untuk di semua (jalur mudik)," ujarnya

Kendati telah disediakan layanan-layanan kesehatan tersebut Nila tetap mengimbau agar masyarakat yang hendak mudik tetap bertanggungjawab dengan kesehatannya sendiri. Jangan sampai tambahnya masyarakat pulang kampung dalam kondisi tubuh mabuk atau mengantuk.

"Jadi kami meminta pemudik menjaga kesehatannya, menjaga kebersihannya untuk berprilaku hidup bersih sehat jadi kami membantu untuk kesehatan jika terjadi sesuatu," kata dia.

Terpopuler