9 Momen Lucu Ini Mungkin Dialami Selama Ramadhan

Rep: MUTIA RAMADHANI/ Red: Esthi Maharani

Senin 12 Jun 2017 11:47 WIB

Ramadhan Foto: IST Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim hampir menjalani separuh Ramadhan, bulan suci dalam kalender Islam. Namun, itu bukan berarti aktivitas berpuasa semakin mudah dijalani. Ramadhan menjadi bulan ekstra menantang bagi sebagian orang. Sembilan momen lucu berikut mungkin pernah Anda alami selama menjalankan ibadah puasa, dilansir dari Stepfeed, Senin (12/6).

1. Makan banyak waktu sahur

Sebelum fajar terbit, Anda dianjurkan makan sahur supaya menjalani puasa dengan energi cukup. Sebagian dari Anda, terutama pekerja mungkin akan banyak makan saat sahur karena akan bertempur dengan rutinitas padat di siang harinya.

2. Dilarang marah tanpa alasan

Marah adalah emosi yang terkadang susah dikendalikan. Ramadhan adalah bulan melatih kedisiplinan diri, termasuk mengendalikan amarah.

3. Bau mulut

Anda mungkin melihat orang yang berpuasa mungkin akan sedikit menjaga jarak saat berbicara dengan orang lain. Sebagian karena khawatir aroma atau bau mulutnya tidak disukai lawan bicaranya. Kondisi ini wajar dialami saat Anda tidak makan dan minum sepanjang hari.

4. Minum air tanpa sengaja

Pada waktu-waktu tertentu, Anda mungkin secara tak sengaja atau lupa tiba-tiba meminum seteguk air di siang hari. Sekali lagi Anda perlu ingat bahwa Ramadhan adalah bulan melatih kedisiplinan diri.

5. Unggahan makanan dan minuman di Facebook

Ini adalah godaan yang terbilang berat bagi sebagian warganet, terutama menjelang berbuka puasa. Banyak warganet yang mengunggah aneka hidangan makanan juga minuman menjelang waktu berbuka puasa. Ini terkadang membuat Anda lapar mendadak.

6. Sahabat nonMuslim minum air putih

Anda mungkin sedang berkomunikasi lewat Skype atau Snapchat dan melihat ada sahabat nonMuslim yang minum air di siang hari, ketika kebanyakan orang berpuasa. Anda tidak boleh tergoda mengikutinya sebab puasa harus diselesaikan hingga matahari terbenam.

7. Hitung mundur jelang maghrib

Beberapa menit menjelang maghrib adalah godaan terberat. Anda mungkin menghitung mundur waktu-waktu menjelang berbuka puasa. Anda merasa satu menit bagaikan satu jam.

8. Berbuka puasa sepuasnya

Anda mungkin 'lapar mata' sehingga menyantap banyak sekali hidangan berbuka puasa sampai kekenyangan. Ingat, aturan makan yang dianjurkan dalam Islam di mana sepertiga bagian perut harus kosong.

9. Banyak polisi ramadhan

Selama puasa mendadak banyak sekali orang yang berubah menjadi polisi ramadhan, mulai dari keluarga hingga teman-teman di lingkungan sekitar. Mereka mengingatkan waktu shalat wajib, amalan sedekah, shalat tawarih, haram dan halal, hingga menyabarkan sahabat yang sedang marah. Beberapa momen lucu di atas mungkin ada yang menyebalkan, tapi itulah keindahan Ramadhan yang hanya bisa ditemukan satu kali dalam satu

Terpopuler