Jalur Limbangan Diprediksi Didominasi Oleh Sepeda Motor

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih

Senin 12 Jun 2017 10:09 WIB

Antrean kendaraan di Jl Raya Limbangan, Kabupaten Garut. (ilustrasi)s balik lebaran di jalur selatan terpantau padat. (Mamu Muhyidin) Foto: Mahmud Muhyidin Antrean kendaraan di Jl Raya Limbangan, Kabupaten Garut. (ilustrasi)s balik lebaran di jalur selatan terpantau padat. (Mamu Muhyidin)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Jalur mudik selatan wilayah Limbangan dinilai layak untuk dilintasi kendaraan pada musim arus mudik maupun balik Hari Raya Lebaran tahun ini. Kepala Polsek Limbangan Kompol Asep Suherli optimis perbaikan jalan sudah optimal. Ia memprediksi volume kendaraan yang melintas di Limbangan akan didominasi oleh kendaraan sepeda motor. Sebab ia menduga mobil akan memilih menempuh tol Cipali untuk menuju Jawa Tengah dan kota sekitarnya.

"Kami prediksi pengendara motor yang banyak lewat sini, kalau mobil banyak yang ke Cipali," ujarnya kepada wartawan, Senin (12/6)

Limbangan adalah bagian dari jalur selatan Jabar yang menghubungkan wilayah Nagreg, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis hingga Provinsi Jawa Tengah.

"Jalur Limbangan sudah mendapatkan perbaikan. mulai dari perbatasan Kabupaten Bandung sampai ke bagian timur Garut kondisi jalannya sudah bagus dan siap untuk digunakan para pemudik di musim Lebaran. Jalur selatan sudah 100 persen siap dilalui para pemudik," katanya.

Dia menyebut rambu-rambu lalu lintas dan penerangan di jalur tersebut sudah masuk kategori memadai.

Pihak Kepolisian pun telah mempersiapkan pengamanan jalur selama musim arus mudik dan balik Lebaran. Bentuk pengamanan itu termasuk pendirian posko kepolisian di sejumlah titik dan patroli. "Kepolisian akan terus berjaga 24 jam selama arus mudik dan balik," ucapnya.

Terpopuler