Pemudik Diimbau Pilih Bus Berstiker

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nidia Zuraya

Ahad 11 Jun 2017 10:41 WIB

Pemudik mencari bus AKAP di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur. ilustrasi  (Republika/Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Pemudik mencari bus AKAP di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur. ilustrasi (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik yang akan menggunakan bus pada saat mudik lebaran agar menggunakan bis yang sudah berstiker layak jalan. Imbauan tersebut disampaikan Menhub saat melakukan peninjauan kesiapan Terminal dan Stasiun menjelang angkutan lebaran tahun 2017 di Tasikmalaya, Jawa Barat pada Sabtu (10/6) kemarin.

"Saya menghimbau kepada pemudik, naiklah bus yang ada stiker laik jalan karena bus yang berstiker itu sudah melalui ramp check oleh petugas-petugas kita dari tingkat pusat hingga tingkat daerah," ujar Budi melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (11/6).

Kota Tasikmalaya dan Ciamis merupakan kota-kota yang menjadi jalur mudik. Terminal bus Indihang menjadi salah satu simpul di mana ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan bus tersebut dilakukan. "Saya memang sedang melakukan suatu pengecekan di titik-titik jalur mudik. Kita mengetahui jika dari Jakarta menuju ke Jawa Barat dan Jawa Timur," lanjut Budi.

Budi didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya Jawa Barat A Zaini Dahlan dan Kepala Terminal Indihiang Jenny M Wirandani melakukan pemeriksaan ulang terhadap bus yang sudah ditahan dan tidak diizinkan beroperasi karena tidak laik jalan sebagai hasil ramp check yang sudah dilakukan oleh petugas Terminal Indihang.

Budi juga sempat melakukan ramp check sendiri pada bis jurusan Tasikmalaya-Cikatomas dengan mengecek langsung ke kolong bis di halaman Terminal Indihiang.

"Ramp check itu sangat penting, seperti tadi ada satu bus yang tidak lulus ramp check karena kaca depannya pecah, olinya bocor, remnya diikat dengan karet, jadi kalau dia nikung sedikit pasti akan lepas. Sudah pasti yang seperti ini keselamatannya tidak terjamin dan sangat membahayakan penumpang," terang dia.

Budi juga meminta kepada pengusaha PO untuk melakukan ramp check pada bus yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran. Dia juga menghimbau pengusaha-pengusaha PO harus melakukan ramp check bus-busnya dalam beberapa hari ini ke Dinas-dinas perhubungan setempat.

"Ini baru hari ke-13 Ramadhan, kita kebut seminggu ini dengan all out, kalau perlu 24 jam kita lakukan ramp check. Saya akan melarang bus-bus yang tidak berstiker untuk beroperasi karena beresiko pada keselamatan," tegas Menhub.

Terpopuler