Ruas Brebes-Gringsing Siap Dilalui Pemudik

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Ilham

Sabtu 10 Jun 2017 21:17 WIB

Kendaraan melintas di ruas tol Grinsing, Jawa Tengah, Sabtu (10/6). Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Kendaraan melintas di ruas tol Grinsing, Jawa Tengah, Sabtu (10/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Gerbang Tol Brebes Timur diperkiraan tahun ini tidak akan macet lagi seperti tahun-tahun sebelumnya di masa mudik. Sebab, Ruas tol Brebes-Gringsing yang menyambung dari Brebes Timur sudah siap digunakan untuk pemudik.

Koordinator K3 Proyek Ruas Brebes-Gringsing, Eko Mulyanto mengatakan, jalur fungsional Brebes-Gringsing sudah bisa digunakan H-7 Lebaran Idul Fitri tahun ini. "Sudah bisa digunakan untuk pemudik sebagai jalur fungsional ruas utara," ujarnya saat ditemui di jalur masuk Gringsing, Semarang, Sabtu (10/6).

Eko juga mengatakan, saat ini pengerjaan ruas jalur Brebes-Gringsing sebenarnya masih dalam pengerjaan dan baru berjalan sekitar 30 persen dari keseluruhan proyek Tol tersebut. "Baru 30 persen, tapi akan dibuka untuk pemudik yang ke arah timur," jelasnya.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, beberapa pekerja proyek juga masih banyak mengerjakan pengecoran jalan dan jembatan yang belum 100 persen jadi. Tanah-tanah yang berada di pinggir jalan terlihat masih belum kokoh. Bagi pemudik yang akan melewati jalur baru tersebut, diimbau untuk berhati-hati dan memperhatikan dan mengutamakan keselamatan.

Beberapa rest area sementara juga disiapkan di beberapa titik di sepanjang ruas baru Brebes-Gringsing tersebut. Jalan yang panjang mencapai 110 Kilometer tersebut siap dilalui pemudik dengan jalur satu ke arah timur.

Terpopuler