Wanita Riyadh: Ramadhan Ini tak Seperti Sebelumnya

Rep: mgrol96/ Red: Agus Yulianto

Jumat 09 Jun 2017 16:56 WIB

Riyadh di waktu malam (Ilustrasi) Foto: blogs.ishipdocs.com Riyadh di waktu malam (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH - Secara tradisi, bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk pertemuan keluarga, memasak makanan lezat, serta semangat baru untuk beribadah. Namun, wanita-wanita Arab Saudi di Riyadh menyaksikan sejumlah kegiatan baru. Ada rangkaian acara seperti hiburan keluarga, peragaan busana, lokakarya makeup, bazaar kecantikan, aktivitas anak-anak dan perkemahan musim panas yang digelar di kota ini.

 

Noura Ahmed, 24, lulusan baru, mengaku, dia sangat menikmati malam yang menakjubkan dengan adanya acara fashion yang di Four Seasons, Riyadh. Awalnya, dia menyangka, jika tempat itu benar-benar akan kosong, karena orang akan sibuk beribadah.

 

Noura menyambut event ini dengan penuh antusias. "Ini karena beberapa tahun yang lalu kami tidak punya tempat untuk pergi dan menikmati,” katanya. Dia hanya bisa bertemu teman-teman di bulan Ramadhan di restoran untuk makan, seperti dikutip dari Saudi Gazette, Jumat (9/6).

 

Lain halnya dengan sekarang, wanita di Riyadh dapat berpartisipasi sebagai penyelenggara, peserta pameran, atau mungkin memasarkan acara. Bahkan, Noura bisa melihat dan membeli desain dan produk makeup terbaru.

 

"Acara khusus wanita di bulan Ramadhan juga memberi kesempatan kepada kami untuk melihat selebriti wanita favorit kami yang datang untuk bertemu dengan penggemar mereka, selesaikan dan kirimkan ke Snapcha,” tambahnya.

 

Salwa Abdullah, seorang ibu dan guru, memiliki kesan yang sangat mirip. Ibu tersebut senang pergi ke acara wanita Ramadhan. Selain bisa berbelanja lebaran di mal, ia juga membeli pakaian, makeup dan aksesoris. "Tahun ini, situasi telah berubah karena saya memiliki lebih banyak pilihan,” ujarnya

Dia mengaku, bisa membeli pakaian dari perancang busana Saudi dan bisa mendapatkan berbagai merek Saudi seperti garis makeup Afnan Batel. “Acara-acara wanita ini membuka pintu bagi wanita Saudi berbakat untuk menampilkan desain abaya, desain pakaian, aksesori dan bahkan desain sepatu mereka,” tuturnya.

Terpopuler