Makanan Super Ini Jaga Tubuh Saat Berpuasa

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

Kamis 08 Jun 2017 15:56 WIB

 Pedagang es kelapa muda memilah kelapa yang akan dijual di kiosnya yang berada di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (28/5). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Pedagang es kelapa muda memilah kelapa yang akan dijual di kiosnya yang berada di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (28/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan saat di mana tubuh membersihkan diri. Jalur detoksifikasi tubuh, enzim, hati akan membersihkan semua limbah metabolik dalam tubuh setelah sepanjang tahun kita makan tanpa henti. Berikut beberapa makanan super atau super food supaya Anda tetap nyaman menjalankan puasa, dilansir dari The Muslim Vibe, Rabu (7/6).

Air kelapa

Air kelapa kaya akan elektrolit dan nutrisi. Ini menjadikan air kelapa minuman sempurna untuk memuaskan dahaga setelah berpuasa seharian. Carilah air kelapa murni yang tidak mengandung gula dan pengawet tambahan.

Rumput laut

Banyak orang menghindari rumput laut karena bau dan rasanya yang sedikit amis. Rumput laut kaya mineral dan yodium yang mudah diserap tubuh.

Rumput laut bisa disajikan dalam bentuk taburan makanan atau bumbu. Anda perlu memastikan membeli rumput laut yang dipanen lestari, terbebas dari logam berat. Jika Anda memiliki hipertensi atau hipertiroidisme maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan sebelum mengonsumsi rumput laut,

Kakao

Kakao tanpa pemanis mengandung magnesium tinggi dibandingkan makanan apapun. Magnesium digunakan lebih dari 200 proses dalam tubuh. Magnesium juga berperan saat tubuh mengalami stres.