Menikmati Menu Tiga Negara untuk Berbuka di Satoo Shangri-La

Red: Indira Rezkisari

Rabu 07 Jun 2017 17:11 WIB

Menu Ramadhan Satoo Shangri-La Jakarta. Foto: dok Shangri-La Jakarta Menu Ramadhan Satoo Shangri-La Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbuka puasa bagi orang Indonesia paling nikmat bila dilakukan dengan makanan yang dekat dengan hati. Makanan Indonesia pun paling disukai sebagai pilihan untuk berbuka puasa.

Restoran Satoo di Hotel Shangri-La Jakarta pun menggelar prasmanan Ramadhan yang mengedepankan menu Indonesia. Himawan Kristianto, sous chef Satoo, mengatakan beragam makanan Indonesia tersedia saat jam berbuka puasa di Satoo. "Rendang, semur, semakin dekat Lebaran nanti makanan Indonesia makin banyak variasinya," katanya.

Saat berbuka hampiri dulu meja iftar yang berisi kolak, bola ubi, hingga klepon, dan putu mayang. Setelahnya puaskan rasa lapar dengan pilihan soto, ayam bakar, nasi goreng, atau gado-gado. Menu Indonesia, sama seperti menu lainnya diputar hingga berbeda tiap harinya.

Pilihan menu berbuka lainnya datang dari negara Turki dan Malaysia. Malaysia sengaja dipilih karena rasa kulinernya yang cukup mirip dengan makanan Indonesia. Sedangkan makanan Turki menjadi andalan karena Satoo memiliki juru masak yang orang asli Turki dan menguasai hidangan autentiknya.

"Untuk menu Malaysia ada mi kari mamak, laksa penang, hingga teh tarik," ujar Himawan. Ia melanjutkan, masakan Indonesia dan Malaysia memang sangat mirip. "Bedanya sedikit-sedikit saja. Misalnya martabak, kalau di sini dimakannya dengan acar di sana dimakan dengan kuah kari."

Secara keseluruhan ada 50 macam menu yang tersedia saat berbuka puasa. Yang juga tidak boleh dilewatkan adalah aneka menu khas Turki.

"Kami punya delapan macam mezze atau hidangan pembuka khas Turki, ini agaknya ragam mezze yang paling lengkap dan variatif di Jakarta," kata Himawan. Melengkapi menu mezze tersedia pula doner kebab yang bisa dimakan dengan pilihan daging sapi, ayam, atau kambing. Tersedia pula berbagai makanan panggang Turki misalnya kofta yang dibumbui khas Turki.

Tamu dapat mencicipi menu-menu kaya rasa dan bumbu untuk makan malam di bulan Ramadhan, yang tersedia di harga Rp 408 ribu per orang di hari Senin sampai Jumat, dan  Rp 428 ribu per orang di hari Sabtu dan Ahad.

 

Terpopuler