10 Makanan Super Ini Jaga Tubuh Saat Berpuasa

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Rabu 07 Jun 2017 08:32 WIB

Air kelapa Foto: flickr Air kelapa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan saat di mana tubuh membersihkan diri. Jalur detoksifikasi tubuh, enzim, hati akan membersihkan semua limbah metabolik dalam tubuh setelah sepanjang tahun kita makan tanpa henti. Berikut adalah 10 makan super atau super food supaya Anda tetap nyaman menjalankan puasa, dilansir dari The Muslim Vibe, Rabu (7/6).

Teh hibiscus

Hibiscus adalah teh populer di dunia khususnya Timur Tengah. Ini adalah teh yang terbuat dari ekstrak bunga kembang sepatu yang kaya vitamin C. Tidak heran jika orang Mesir kuno sering menyajikannya sebagai menu berbuka puasa. Vitamin C adalah nutrisi larut dalam air yang berarti tidak tersimpan dalam tubuh. Ini berarti tubuh memerlukan asupan vitamin C rutin.

Yogurt

Yogurt sangat bagus untuk kesehatan, namun tidak semua yogurt diciptakan sama. Pastikan Anda membeli yogurt terbaik untuk menerima manfaat kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yogurt bisa menjadi campuran salad sayur atau salad buah.

Acar

Sama seperti yogurt, acar juga makanan super jika disiapkan dengan cara tradisional, yaitu garam dan air, tidak dicampur cuka. Acar yang baik adalah mentimun karena selama proses fermentasi, mikroba kecil predigestasinya bekerja optimal menyerap vitamin dan mineral. Acar lainnya adalah acar kubis atau asinan kubis yang kaya akan vitamin B.

Minyak kelapa

Lemak berkualitas tinggi adalah investasi terbaik bagi tubuh yang sedang beruasa. Otak, sistem saraf, dan reproduksi manusia semuanya terdiri dari lemak. Kita membutuhkan lemak untuk melarutkan vitamin, seperti D dan A.

Lemak adalah bagian penting tubuh yang membantu kita merasa kenyang lebih lama dan mengatur kadar gula darah. Minyak kelapa adalah salah satu lemak sehat, selain minyak zaitun, alpukat, bunga matagari, safflower, minyak wijen, atau minyak kacang.

Minyak yang baik bersifat organik dan bebas bahan kimia. Jika Anda membeli minyak kemasan, pastikan dikemas dalam wadah gelap. Ini karena minyak bereaksi terhadap cahaya dan menyebabkannya mudah tengik.

Air

Anda mungkin jarang berpikir air itu makanan super, namun faktanya memang begitu. Tubuh mudah mengalami dehidrasi selama berpuasa. Jika tubuh kekurangan air dalam jangka waktu lama, mekanisme haus akan mati. Ini berarti tubuh Anda tak peka lagi dan lebih sering merasa tidak membutuhkan air.

Sakit kepala, kelelahan, pandangan kabur, mudah tersinggung, dan sakit bisa menjadi indikator dari dehidrasi. Tubuh membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya. Aktivitas tubuh yang berkeringat, menyusui, haid, konsumsi gula, teh, kopi, dan rokok membuat tubuh kehilangan banyak cairan dan membutuhkan asupan air.

Beras merah

Nasi menjadi makanan pokok hampir seluruh negara di Asia. Kadar nutrisi dalam nasi putih rendah, berbanding terbalik dengan beras merah. Beras merah kaya vitamin B.

Astragalus

Ini adalah ramuan Cina yang terlihat seperti es loli, namun lebih manis. Akarnya dikeringkan untuk menghasilkan ramuan populer dalam teknik pengobatan tradisional Cina.

Astragalus dikategorikan jamu yang membantu tubuh mudah beradaptasi saat berpuasa. Tubuh bisa beradaptasi di tengah kondisi cuaca dan iklim yang berubah-ubah, hingga mencegah jetlag. Sebagai adatogenik, ramuan ini bagus dikonsumsi semua usia dalam kehidupan sehari-hari.

Cara penyajiannya adalah meminum langsung ramuan ini atau mencampurkannya ke dalam teh, atau sup saat Anda memasak nasi dan rebusan. Ini tidak akan memengaruhi cita rasa makanan.

Air kelapa

Air kelapa kaya akan elektrolit dan nutrisi. Ini menjadikan air kelapa minuman sempurna untuk memuaskan dahaga setelah berpuasa seharian. Carilah air kelapa murni yang tidak mengandung gula dan pengawet tambahan.

Rumput laut

Banyak orang menghindari rumput laut karena bau dan rasanya yang sedikit amis. Rumput laut kaya mineral dan yodium yang mudah diserap tubuh. Rumput laut bisa disajikan dalam bentuk taburan makanan atau bumbu. Anda perlu memastikan membeli rumput laut yang dipanen lestari, terbebas dari logam berat. Jika Anda memiliki hipertensi atau hipertiroidisme maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan sebelum mengonsumsi rumput laut.

Kakao

Kakao tanpa pemanis mengandung magnesium tinggi dibandingkan makanan apapun. Magnesium digunakan lebih dari 200 proses dalam tubuh. Magnesium juga berperan saat tubuh mengalami stres.

 

 

Terpopuler